Empat Makanan Tinggi Zat Besi Ini Bisa Membantu Cegah Anemia

Rabu, 07 April 2021 - 09:09 WIB
loading...
Empat Makanan Tinggi Zat Besi Ini Bisa Membantu Cegah Anemia
Untuk mencegah anemia, kecukupan zat besi sangatlah penting. Zat besi bisa didapatkan dengan mengonsumsi beragam makanan. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sering kelelahan, pusing, pucat, dan gangguan kekebalan tubuh adalah beberapa gejala yang dialami penderita anemia . Diketahui, satu dari dua orang mengidap anemia karena defisiensi zat besi (IDA).

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan adanya peningkatan prevalensi anemia sebesar 38,5% pada kelompok usia 0-59 bulan, 32% peningkatan pada kelompok usia 15-24 tahun, 27,2% pada wanita dan 48,9% pada wanita hamil.

Untuk mencegah anemia , kecukupan zat besi sangatlah penting. Zat besi bisa didapatkan dengan mengonsumsi beragam makanan. Berikut daftar makanan kaya zat besi dikutip dari berbagai sumber.

1. Daging merah
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cukup daging merah, memiliki peluang lebih kecil untuk mengalami kekurangan zat besi . Seperti diketahui, di dalam 100 gram daging merah tanpa lemak, terkandung sekitar 2 miligram zat besi.



2. Kerang-kerangan
Kerang-kerangan, seperti tiram, abalone dan remis, juga termasuk salah satu makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Di dalam 100 gram kerang, setidaknya terkandung 3 miligram zat besi .

3. Ikan
Beragam jenis ikan, seperti ikan tuna, salmon, sarden, ikan kembung, atau merupakan makanan yang kaya akan zat besi . Selain itu, ikan juga banyak mengandung protein, omega-3, B3, selenium, dan vitamin B12 .

4. Hati
Di dalam sekitar 100 gram hati, terkandung sekitar 6,5 miligram zat besi. Tak hanya kaya akan zat besi, makanan ini juga mengandung vitamin B , selenium, dan kolin. Namun hati merupakan makanan tinggi kolesterol , batasi asupannya dengan konsumsi secukupnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)