6 Pengungsi Luar Negeri Terjaring Razia Gabungan di Makassar

Rabu, 07 April 2021 - 22:38 WIB
loading...
6 Pengungsi Luar Negeri Terjaring Razia Gabungan di Makassar
Petugas Rudenim Makassar merazia pengungsi luar negeri yang berkendara motor tanpa dilengkapi SIM. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar menggelar operasi gabungan penindakan terhadap pengungsi luar negeri yang berkendara tanpa memiliki surat izin mengemudi (SIM) di Kota Makassar, Rabu (7/4).

"Hari ini ada 38 petugas gabungan dari Rudenim Makassar , Polrestabes Makassar dan Divisi Keimigrasian Kanwil Sulawesi Selatan yang turun untuk melakukan tindakan terhadap pengungsi luar negeri yang berkendara tanpa memiliki SIM di Makassar," Kata Kepala Rudenim Makassar , Alimuddin.



Lokasi operasi dibagi menjadi tiga titik, masing-masing sekitaran Jalan Pettarani, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Daeng Tata.

Sebanyak enam orang pengungsi berikut kendaraan sepeda motor terjaring dalam operasi gabungan ini, masing-masing tiga warga negara Afganistan, dua Somalia dan satu orang Myanmar.

"Keenam pengungsi tersebut dibawa ke Rudenim untuk dimintai keterangan dan ditempatkan sementara di Rudenim Makassar , sementara untuk kendaraannya diangkut ke Polrestabes guna diproses lebih lanjut" ucap Alimuddin.



Salah seorang pengungsi mengaku telah memiliki sepeda motor selama dua bulan terakhir. Ia membelinya dari salah seorang warga negara Indonesia. "Saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mengantar anak," ucap LB pengungsi asal Afganistan.

"Sebelumnya, kami telah lakukan sosialisasi sebelum penindakan, ke depan operasi gabungan ini akan lebih intens kami galakkan untuk menertibkan pengungsi dari luar negeri yang berada di Kota Makassar," tegas Alimuddin.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3534 seconds (0.1#10.140)