TOPIK TERPOPULER

Cari Kerja Kini Lebih Mudah dengan Sistem Informasi Ketenagakerjaan

Darwiaty Dalle
Cari Kerja Kini Lebih Mudah dengan Sistem Informasi Ketenagakerjaan
Rombongan Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Disnaker Parepare Pemimpin Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia terkait koordinasi mekanisme penerbitan AK-1 pekerja migran. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Mencari kerja kini jauh lebih mudah dengan sistem informasi ketenagakerjaan (sisnaker). Sistem ini mulai diaplikasikan tahun 2020 oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Ketenagakerjaan Disnaker Kota Parepare, La Ode Arwah Rahman mengemukakan, sisnaker merupakan platform sistem pelayanan ketenagakerjaan berbasis online untuk menyikapi tuntutan digitalisasi.



Baca juga: Kota Parepare Jadi Daerah dengan Inovasi Terbaik di Sulsel

Sisnaker, kata La Ode, mulai diterapkan sejak akhir tahun 2020. Hanya saja, masih banyak masyarakat belum mengetahui keberadaan aplikasi ini.

“Saya kira masyarakat, khususnya para pencari kerja wajib mengetahui informasi ini. Aplikasinya sangat bagus dan sangat memudahkan serta komunikatif,” jelasnya , Kamis (8/4/2021).

Melalui aplikasi sisnaker, jelas La Ode, perusahaan penyedia pekerjaan juga dapat segera mengetahui keahlian calon pekerja. Sebaliknya, para pencari kerja bisa mendapatkan informasi perusahaan mana saja yang membutuhkan pekerja atau keahlian mereka.

“Aplikasi ini menghubungkan kebutuhan dan layanan secara digital antara regulator atau pemerintah, pencari kerja dan pemberi kerja atau perusahaan. Jadi semacam 3 in 1. Ini adalah solusi dalam menghadapi pandemi Covid-19 di sektor ketenagakerjaan,” papar La Ode.



Baca juga: Dinas Perdagangan Parepare Warning Pangkalan Nakal

La Ode menambahkan, layanan ini bersifat interkoneksi, digunakan di pusat hingga daerah. Ada 12 layanan teknis ketenagakerjaan, di antaranya layanan pelatihan kerja, layanan pemagangan, layanan penggunaan tenaga kerja asing dan layanan wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan.

Terpisah, Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Parepare, Martini Yahya menjelaskan, untuk mengakses aplikasi ini, masyarakat cukup mengunduh di Playstore android. Selanjutnya membuat akun serta mengisi data lengkap yang dibutuhkan.

“Sangat gampang. Cukup download, buat akun, daftar dan bisa langsung akses. Fitur-fiturnya cukup beragam dan lengkap. Semua kebutuhan informasi dan layanan ketenagakerjaan ada di dalamnya,” ujar Martini.

Baca juga: 335 ASN Parepare Naik Pangkat, SK Diserahkan Secara Mobile

Kini masyarakat kata dia, tidak perlu lagi repot datang dan antre di kantor Dinas Tenaga Kerja untuk mendapatkan kartu tanda pencari kerja (AK.1). Melalui aplikasi ini, layanan tersebut dapat diperoleh dengan mudah.

“Untuk AK.1, setelah terdaftar di sisnaker, silahkan pilih menu penerbitan AK.1. Lalu masukan semua informasi yang diminta, dan setelah selesai, kartu AK.1 sudah dapat diambil di kantor Dinas Kerja tanpa harus mengantri atau menunggu,” tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!