TOPIK TERPOPULER

Dokter Sebut Mandi saat Cacar Air Diperbolehkan, Ini Syaratnya

Muhammad Sukardi

"Kalau pakai shower, biarkan airnya mengalir ke tubuh, jangan disentralkan ke lukanya juga," ujarnya.

Baca Juga: Begini 4 Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin dengan Air Hangat

3. Jangan panik kalau lentingnya pecah

Benjolan berisi air yang sangat dikhawatirkan pecah menurut dr Anthony bakal pecah saat mandi. Meski begitu jangan panik. Biarkan lentingnya pecah tapi kemudian biarkan air mengaliri air yang keluar dari benjolan tersebut.

Saat mengeringkan kulit, diusahakan untuk mengoles krim khusus yang diberikan dokter kulit Anda supaya cairan dari lesi yang pecah tidak menginfeksi luka di kulit sekitarnya.

4. Pakai sabun khusus

Dokter Anthony menerangkan bahwa pasien cacar yang berobat ke dia akan selalu direkomendasikan penggunaan sabun khusus dengan pH tertentu yang bersifat tidak membuat perih saat digunakan.

"Ini pentingnya berobat ke dokter yang benar supaya penanganan kondisi masalah diatasi dengan komprehensif. Bukan hanya soal obat yang dipakai, tetapi kami juga rekomendasikan sampai ke hal-hal seperti ini," kata dia.

5. Pakai salep oles

Ya, setelah mandi dokter pun menyarankan untuk mengoleskan krim yang diberikan sesuai dengan pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya. Oleskan salep bukan hanya pada yang pecah, tetapi yang belum pecah juga.

halaman ke-2
TULIS KOMENTAR ANDA!