Dinas Pertanian Pinrang Gelar Pasar Tani Berdayakan Masyarakat Petani-Peternak

Jum'at, 09 April 2021 - 17:28 WIB
loading...
Dinas Pertanian Pinrang Gelar Pasar Tani Berdayakan Masyarakat Petani-Peternak
Pasar tani yang digelar Dinas Pertanian dan Holtikultura sebagai wadah pemasaran hasil pertanian dan peternakan masyarakat Pinrang. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PINRANG - Dinas Pertanian dan Holtikultura (Distan Holtikultura) Kabupaten Pinrang menggelar pasar tani di halaman kantornya, Jumat (9/4/2021). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberdayakan masyarakat petani dan peternak.

Kadistan Holtikultura Pinrang, Andi Tcalo Kerrang mengatakan, pasar tani ini jadi wadah hasil produksi pertanian dan peternakan untuk petani dan masyarakat, termasuk hasil pertanian perkebunan holtikultura serta produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbahan baku hasil pertanian dan peternakan lokal.



Pasar tani, tambah Tcalo, memasarkan hasil pertanian dan peternakan di antaranya bawang, berbagai varian sayuran, beras, telur dan hasil pertanian lainnya.

"Pasar tani tak sebatas membantu pemasaran produksi pertanian dan peternakan masyarakat, tapi juga kita harapkan membantu masyarakat mendapat kebutuhan jelang Ramadan dengan harga yang lebih terjangkau," papar Tcalo.



Pasar tani, jelas Tcalo, juga mendapat didukung penuh dari Kementerian Pertanian , dan mendapat renspons positif masyarakat.

Rencananya, kata Tcalo, Senin 12 April pekan depan, Menteri Pertanian dijadwalkan mengikuti pesta panen padi di Madallo, Kelurahan Siparappe, Kecamatan Watang Sawitto.



Sementara Ketua TP PKK Pinrang, Andi Sri Widiyati Irwan yang berkesempatan meninjau pasar tani Distan Holtiktura Pinrang, mengapresiasi inovasi Distan Holtikultura yang tak sebatas melakukan pendampingan pada petani dan peternak, namun juga memproduksi hasil pertanian dan peternakan yang berkualitas.

"Ke depan, kita harapkan pasar tani terus melakukan gerakan secara konsisten dalam mendorong kewirausahaan yang lebih mandiri, utamanya pertumbuhan ekonomi bagi para petani," tandas Sri.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.7037 seconds (0.1#10.140)