TOPIK TERPOPULER

Bank Sulselbar Perluas Layanan Digital QRIS

Suwarny Dammar
Bank Sulselbar Perluas Layanan Digital QRIS
Direktur Ops dan IT Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan (dua kiri) menjelaskan QRIS pada stafnya di salah satu kafe di Makassar, Jumat (9/4/2021). Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Bank Sulselbar terus mewujudkan komitmennya dalam menghadirkan layanannya, sehingga nasabah dapat bertransaksi mengikuti perkembangan teknologi kekinian.

Terbaru, Bank Sulselbar melaunching Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) demi memperluas akses pembayaran secara digital, Jumat (9/4/2021). Bank Sulselbar secara resmi mendapatkan izin sebagai pelaksana QRIS itu pada 10 Maret 2021.

Baca juga: Bank Sulselbar Syariah dan Tiga Maha Rewa Gelar Akad Massal

QRIS Bank Sulselbar ini hadir atas kolaborasi bersama Bank Indonesia, Pemprov Sulselbar dan kabupaten/kota.

Direktur Operasional & TI Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan mengatakan, QRIS ini hadir dalam rangka mendukung upaya dan akses Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), serta bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN), melalui penguatan digitalisasi sistem pembayaran meliputi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETP) dan perluasan akses UMKM, serta masyarakat kepada layanan ekonomi dan keuangan digital.



Tak hanya itu, kata Irmayanti, hadirnya QRIS tentu menjadi upaya Bank Sulselbar melihat peluang atau kondisi perubahan transaksi di masyarakat yang dulunya konvensional menjadi digital.

Baca juga: Ratusan Karyawan Bank Sulselbar Disuntik Vaksin Covid-19

“Kami terus mendorong digitalisasi transaksi, baik pemerintah daerah maupun masyarakat, makanya mendukung itu kami terbitkan beberapa produk. Momentum hari ini menjadi soft launching QRIS di tengah pandemi dan hal membahagiakan bahwa nasabah Bank Sulselbar sudah bisa bertransaksi digital dengan nyaman. Alhamdulillah berkat kerja keras tim semuanya dan juga berkat koordinasi dan support yang sangat baik oleh regulator dalam hal ini Bank Indonesia, kita resmi tercatat sebagai bank pertama QRIS,” terangnya, saat menggelar jumpa pers.

Tentunya, hadirnya QRIS menambah kanal pembayaran nasabah, baik yang dari pemda maupun masyarakat luas.

Irmayanti mengungkapkan, Bank Sulselbar sudah sejak 2017 menerapkan digitalisasi layanan, salah satunya menerapkan ETP melalui implementasi TNT atau SP2D online dane-SPB. Tak hanya itu, Bank Sulselbar menggandeng Dompet Anak Bangsa (Gopay), Tokopedia pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor (PKB). Lalu, pada 2021 bekerja sama dengan Ovo dan Shopee untuk penerimaan pembayaran PBB, PKB, retribusi dan pajak lainnya.



Baca juga: Persetujuan Penetapan Platform Dana CSR Jadi Agenda RUPS Bank Sulselbar

“Kami terus mengembangkan ekosistem digital tidak saja pada pemerintah daerah, tapi juga masyarakat luas. Dan apa yang menjadi harapan dari gubernur dan pemerintah kabupaten kota itu merupakan stakeholder Bank Sulselbar, elektronisasi transaksi pemerintah daerah itu tidak terbatas pada transaksi biasa saja tetapi juga untuk memudahkan monitoring dan jadinya akurasi data, kecepatan data, kecepatan transaksi serta pelaporan untuk perpajakan semuanya sudah diwujudkan secara bertahap,” terangnya.

Dijelaskannya, target QRIS tentu semakin luas baik di pedalaman maupun di pasar tradisional, parkir hingga sektor pariwisata. Seperti, di Bantimurung sudah diterapkan kampung digital, di mana semua pembayaran melalui QRIS dan akan terus dioptimalkan.



(luq)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!