Saham ARTO Paling Stabil Dibandingkan Bank Digital Lain

Senin, 12 April 2021 - 10:18 WIB
loading...
Saham ARTO Paling Stabil Dibandingkan Bank Digital Lain
foto/Ilustrasi
A A A

JAKARTA- Saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) menjadi satu-satunya saham bank digital di Indonesia yang pergerakan harga sahamnya paling stabil dibandingkan bank digital lain atau bank yang diisukan akan menjadi bank digital .

Saat ini harga saham ARTO stabil dilevel Rp10.000 per saham. Bandingkan dengan saham PT BRI Agro Tbk (AGRO) yang bakal dijadikan bank digital oleh induk usahanya Bank BRI yang harga sahamnya terus turun dari level tertinggi Rp1.590, pada Jumat (9/4) menjadi Rp1.055. Saham PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) yang baru diakuisisi oleh Chairul Tanjung juga mengalami nasib serupa. Saham BBHI pada Jumat (9/4/) bertengger di level Rp1.490, padahal mereka pernah diposisi Rp2.410 per saham. Fluktuasinya seperti naik roller coaster.

Baca juga:Bank Kecil Sudah Mantap Jadi Bank Digital, OJK Kasih Contoh Bank Jago

Stabilnya kinerja saham ARTO meski sudah naik sangat tinggi tidak terlepas dari kepercayaan investor asing yang terus melakukan akumulasi. Jika melihat dari perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 8 Januari hingga 9 April 2021, investor asing masih terus mengkoleksi saham ARTO.

Tercatat sekuritas asing seperti Credit Suisse Sekuritas Indonesia (CS) menduduki net buy tertinggi dengan nilai mencapai Rp153 miliar. Disusul UBS Sekuritas (AK) yang net buy-nya mencapai Rp85 miliar, kemudian CLSA Sekuritas (KZ) sebesar Rp60 miliar, Macquarie Sekuritas (RX) Rp58 miliar, Yuanta Sekuritas (FS) Rp32 miliar dan Morgan Stanley Sekuritas (MS) Rp21 miliar.

Fenomena naiknya harga saham ARTO menembus rekor tertinggi baru tidak terlepas dari keyakinan para investor yang memandang prospek kinerja Bank Jago akan semakin positif seiring berbagai inovasi, kolaborasi dan sinergi yang dilakukan perseroan.

Bahkan dalam risetnya Morgan Stanley Sekuritas tidak tanggung-tanggung memprediksi saham ARTO bisa menembus level Rp21.000. Meski ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dahulu.
Dalam risetnya Morgan Stanley menyebut kelebihan Bank Jago adalah pada manajemennya yang ditopang tim berpengalaman, sehingga menjadikan Bank Jago sebagai pelopor dalam perbankan digital Indonesia.

Bahkan kolaborasi dengan Gojek juga bakal menguntungkan kinerja perusahaan besutan Jerry Ng tersebut. Tercatat 20 juta pelanggan aktif Gojek bakal menjadi nasabah Bank Jago.

Riset Morgan Stanley diamanini oleh analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada. Dia menilai perkiraan yang dilakukan Morgan Stanley dengan harga saham ARTO diprediksi bisa menembus Rp21.000 cukup realistis.

Reza mengungkapkan, lazimnya perhitungan valuasi konvensional, para Investor saham melihat rasio PER dan PBV. Namun pada dasarnya valuasi juga bisa dengan melihat pertumbuhan kinerja.
Reza mencontohkan, seperti melihat tren pendapatannya naik berapa persen, atau juga dari tren BOPO berapa persen, terlebih lagi posisi CAR bank juga harus diperhatikan kecukupan modalnya. Selain itu juga harus dilihat pertumbuhan kredit yang dikaitkan dengan CAR juga bisa diperhitungkan selain melihat rasio PER dan PBV.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)