Pasokan Pangan di Sulsel Dipastikan Aman Selama Ramadan

Selasa, 13 April 2021 - 08:52 WIB
loading...
Pasokan Pangan di Sulsel Dipastikan Aman Selama Ramadan
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memastikan pasokan pangan aman memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memastikan pasokan pangan aman memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah. Komoditas pangan dikatakan masih tersedia.

Kondisi ini dipastikan usai melakukan peninjauan lapangan di Pasar Terong Makassar, Senin (12/4/2021). Andi Sudirman turut didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana, serta beberapa Kepala OPD terkait Lingkup Pemprov Sulsel .

Dalam kesempatannya, Plt Gubernur Sulsel mengunjung beberapa kios pedagang dan menanyakan stok komoditas hingga harga pangan . Bahkan, menyempatkan diri memborong beberapa dagangan yang dijual.

"Sebelum masuk Ramadan , kita mengecek data umum (ketersediaan pangan di pasar). Alhamdulillah, Insya Allah pasokan pangan masih aman," ujar dia.



Andi Sudirman mengaku, pengawasan terhadap stok dan harga pangan akan dilakukan secara berkala. Komoditas pangan harus dipastikan terkontrol selama bulan Ramadan.

Terkait persoalan harga, diakui ada fluktuasi. Salah satu komoditas cabe, misalnya, yang sempat dilaporkan mengalamai kenaikan harga, dikatakan sudah mulai menurun. Sementara telur, mengalami kenaikan.

"Setelah kita cek, cabe sudah turun, dari yang sebelumnya harga Rp90-100 ribuan, sekarang sudah Rp70 ribu per Kg. Harga beras stabil. Harga minyak ada kenaikan seribu masih wajar. Daging Rp120 ribu masih normal. Harga ayam dan bawang juga normal. Yang naik ini harga telur, dari Rp38 ribu menjadi Rp43 ribu, naik Rp5 ribu," urai dia.



Andi Sudirman pun memberi perhatian terhadap komoditas cabe. Stok perlu dipastikan, agar harga di pasaran bisa terkontrol. Cabe harus dijamin suplainya untuk Sulsel lebih dulu, khususnya Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)