TOPIK TERPOPULER

Aktivitas Sesar Walanae Picu Gempa 4,3 SR di Bulukumba

Eky Hendrawan
Aktivitas Sesar Walanae Picu Gempa 4,3 SR di Bulukumba
Ilustrasi. Foto: SINDOnews

BULUKUMBA - Gempa bumi berkekuatan 4,3 SR terjadi di Kabupaten Bulukumba, Selasa (13/4/2021), sekitar 02.08 Wita. Pusat gempa terjadi di 5,08 LS, 120.57 BT, 60 km timur laut Bulukumba di kedalaman 7 Km.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir, mengimbau warga agar tetap tenang dan waspada. Ia meminta warga tak terpengaruh informasi hoaks terkait gempa tersebut.

Baca juga: Bencana Alam Intai 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan

"Tentunya kami harapkan masyarakat tetapi tenang dan waspada. Terpenting, tidak mempercayai langsung info-info yang sumbernya tidak jelas," ketik Andi Akrim Amir, Selasa (13/4/2021).

Andi Akrim mengaku bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Gofisika, dan Klimatologi (BMKG) untuk mengetahui perkembangan terkini usai gempa tersebut.



Ia menyampaikan, gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Walanae, patahan di perut bumi Sulsel. Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Bulukumba II MMI, namun tak berpotensi tsunami.

Baca juga: Indonesia Ada di Wilayah Cincin Api, Jokowi: Waspada Bencana Bisa Terjadi Kapan Saja

Andi Akrim pun meminta masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," beberapa Andi Akrim.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!