Jus Buah Semangka Bisa Mengatasi Dehidrasi Selama Berpuasa

Rabu, 14 April 2021 - 09:05 WIB
loading...
Jus Buah Semangka Bisa Mengatasi Dehidrasi Selama Berpuasa
Jus semangka bisa atasi dehidrasi selama berpuasa. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Ramadan kali ini menjadi tahun kedua dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Selain memaksimalkan ibadah puasa, kondisi imun juga harus tetap terjaga agar tidak mudah terinfeksi virus.

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh berpotensi kekurangan cairan karena seharian tidak mengonsumsi apapun. Perlu upaya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan terutama tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan saat menjalani ibadah puasa.

Jus buah seperti jus semangka dianggap menjadi pilihan terbaik dikonsumsi saat sahur karena dapat menjaga tubuh tetap sejuk, mencegah dehidrasi hingga memberikan vitamin dan mineral esensial bagi tubuh.

Jus semangka dikenal rendah karbohidrat dan tinggi serat, serta mengandung asam amino seperti l-citrulline dan karotenoid seperti likopen.

Minum jus semangka juga dapat memenuhi 17 persen dari kebutuhan harian akan vitamin A dan 21 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C . Berikut adalah manfaat konsumsi Jus Semangka seperti dilansir Boldsky yakni :



1. Menjaga cairan tubuh
Kandungan airnya yang tinggi membuat jus semangka dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan memberikan rasa kenyang. Kandungan cairan jus semangka juga dapat memuaskan dahaga dan mencegah dehidrasi.

2. Memberi energi
Jus semangka menyediakan sekitar 30 kkal energi per 100 g jus sehingga menjadi minuman penambah energi instan karena adanya vitamin C, vitamin A dan magnesium.

3. Membuang racun
Semangka juga dikenal dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh karena adanya kandungan mineral kalium yang tinggi yang dapat meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula, dan racun lain yang ada di dalam darah.

4. Meningkatkan pencernaan
Jus semangka mengandung dua vitamin antioksidan penting yaitu vitamin C dan vitamin A sehingga dapat membantu meningkatkan pencernaan.

5. Mencegah sengatan matahari
Sunstroke biasa terjadi selama musim panas, sementara Jus semangka dikenal dapat merangsang proses keluarnya keringat untuk mengeluarkan panas tubuh dan juga menyeimbangkan elektrolit tubuh karena mengandung kadar air tinggi.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)