TOPIK TERPOPULER

Kepala LLDikti Sebut Alumni UMI Mudah Terserap di Dunia Kerja

Tim SINDOnews
Kepala LLDikti Sebut Alumni UMI Mudah Terserap di Dunia Kerja
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin berbicara di acara wisuda UMI Makassar, Rabu (14/4/2021). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin menyebut bahwa alumni kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan mudah terserap dalam dunia kerja.

Hal ini diungkapkan Prof Jasruddin saat menghadiri takhrij thalabat wisuda virtual UMI Periode I tahun 2021 pada hari ketiga di auditorium Al Jibra Kampus II UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Dirjen Pendidikan Tinggi Puji Universitas Muslim Indonesia

"Untuk memasuki dunia kerja, maka akhlak yang baik dan integritas harus dimiliki oleh para alumni. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa alumni UMI telah terserap di dunia kerja lebih dari 80 persen. Ini karena kesuksesan UMI dalam membangun karakter mahasiswanya lewat program pencerahan qalbu di pesantren unggulan UMI selama 1 bulan penuh di Padang Lampe," ungkap Prof Jasruddin dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Juga yang tidak kalah penting, kata Prof Jas, sapaannya, berkat prestasi UMI yang terus meningkat dalam program pemeringkatan dari berbagai platform pemerintah maupun swasta seperti SINTA, Kemendikbud, Webometrics, Unirank dan lainnya.



"Dari sekitar 4.500 kampus di seluruh Indonesia, UMI berada di peringkat ke-64 (Kemendikbud), berarti UMI telah mengalahkan banyak kampus negeri," tegas guru besar Universitas Negeri Makassar (UNM) itu.

Baca juga: 400 Peserta dari 40 Kampus Ramaikan Ibnu Sina Medical Competition FK UMI

"Pencapaian ini menjadi pembuktian kualitas UMI. Sehingga orang tua harus betul-betul selektif dalam memasukkan anaknya ke perguruan tinggi dan saya yakin UMI adalah salah satu pilihan terbaik," sambungnya.

Sementara itu Rektor UMI, Prof Basri Modding menjelaskan, untuk mengeksplorasi peluang-peluang besar di era kompetitif saat ini, para alumni dituntut untuk tidak hanya memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tinggi saja, namun mereka juga dituntut untuk mampu memiliki kompetensi sosial skill, kemampuan berkomunikasi dengan baik, mampu mengelola emosinya dengan baik, integritas, kemampuan kerja sama, kemampuan memecahkan masalah (problem solving) serta mampu berkreasi dan berinovasi dengan bekal keilmuan yang telah mereka miliki.

Baca juga: 27 Mahasiswa UMI Lolos Program Kampus Mengajar Kementerian Pendidikan



"Alumni UMI memiliki keunggulan sebagai sumber daya manusia yang bermartartabat, memiliki karakter moral dan juga karakter kinerja, dengan empat kompetensi, yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kerja sama. inovatif mampu berdaya saing dan berkarya dengan karakter Islam, memiliki pengetahuan dan skill yang relevan, termasuk technical and vocational skills, terampil memasuki dunia kerja dan memiliki jiwa enterpreneur," kata Prof Basri Modding.

Wisuda virtual di hari ke tiga ini diikuti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, dan Akademi Bahasa Asing dengan jumlah peserta wisuda sebanyak 745 orang.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!