HUT ke 90 PSSI, Sepak Bola Indonesia Diharap Kembali Jadi Macan Asia

Minggu, 19 April 2020 - 10:09 WIB
loading...
HUT ke 90 PSSI, Sepak Bola Indonesia Diharap Kembali Jadi Macan Asia
Para pendukung timnas Indonesia. Di HUT ke 90 ini, PSSI diharap bisa terus membangkitkan sepak bola Indonesia dan menjadi Macan Asia. Foto: dok/Sindonews
A A A
MAKASSAR - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), kini menapaki usia yang ke 90. Di usianya tersebut diharapkan sepak bola Indonesia kembali jaya dan menjadi Macan sepak bola Asia.

Itu disampaikan Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Mayjen TNI (Purn) Cucu Somantri. Ia memahami sejarah sepak bola Indonesia yang dibangun PSSI tidak lepas dari sejarah panjang bangsa ini.

“PSSI tak bisa dilepaskan dari sejarah panjang dan nasionalisme yang pernah terjadi di negeri ini. Selamat ulang tahun PSSI yang ke-90. Semoga makin jaya,” ujar Cucu Somantri dilansir dari Web resmi Liga Indonesia, Minggu (19/4/2020).

Lebih lanjut Cucu meyakini, jika semuanya bisa kompak dan solid, kompetisi di semua kategori bisa bergulir secara ideal, infrastruktur di semua daerah memadai serta ada dukungan dari semua pihak, PSSI akan bisa kembali bersaing di level Asia.

“Mari kita wujudkan cita-cita tinggi yang pernah diutarakan oleh legenda sepak bola Indonesia seperti Soetjipto Soentoro, Iswadi Idris, Ronny Pattinasarani, Anwar Ujang, Sudirman hingga Bambang Pamungkas. Setelah 90 tahun ini, semoga sepak bola Indonesia kembali menjadi Macan Asia,” pungkas Cucu.

Sebagai sebuah organisasi yang sangat aktif di level nasional dan internasional, PSSI yang sudah berumur 90 bukanlah angka yang sedikit. Beragam dinamika, seluk-beluk perhatian publik, dan prestasi telah bermunculan dengan bermacam kisahnya.

Dalam sejarahnya, PSSI telah menjadi salah satu yang berkontribusi besar terhadap sejarah panjang negeri ini. Patut diketahui, pendiri PSSI sekaligus Ketua Umum yang pertama, Ir Soeratin Sosrosoegondo menginginkan PSSI sebagai pemersatu bangsa. Tujuannya jelas, menjadi bagian penentang kolonialisme Belanda yang masih terjadi pada masa itu.

Deretan prestasi timnas yang sudah diraih itu beberapa di antaranya telah berada di level Asia. Seperti Merah Putih sukses menyabet gelar juara di Merdeka Games di Malaysia (1970), Pesta Sukan (1972), Anniversary Cup III di Jakarta (1972), dan President Cup di Korea (1973).

Tak hanya itu. Di level Asia Tenggara, pernah dua kali menjuarai ajang SEA Games, yakni SEA Games 1987 dan 1991. Kemudian, lima kali kali meraih prestasi pada peringkat kedua di hajatan Piala AFF. Di antaranya pada turnamen Piala AFF yang digelar pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Pada prestasi yang berhubungan dengan peringkat FIFA, timnas Indonesia sempat menduduki ranking ke-76. Itu terjadi pada September 1998.

Di level junior, timnas Indonesia muda juga pernah mengukir prestasi hebat. Di antaranya merengkuh prestasi hebat pada gelaran Piala Pelajar Asia 1984, Piala Pelajar Asia 1985, Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-16 2018.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)