Kisah Gennadiy Golovkin, Dulu Dilupakan Kini Dihormati Kazakhstan

Kamis, 21 Mei 2020 - 07:10 WIB
loading...
Kisah Gennadiy Golovkin, Dulu Dilupakan Kini Dihormati Kazakhstan
Kisah Gennadiy Golovkin, Dulu Disepelekan Kini Dihormati di Kazakhstan/Sky Sports
A A A
Nama Gennadiy Golovkin mengubah citra Kazakhstan lebih dikenal ke seantero dunia melalui sepak terjangnya di ring tinju dunia . Sukses Golovkin saat menjadi juara dunia tinju Kelas Menengah membuat Kazakhstan, negara terbesar kesembilan di Bumi, tanpa garis pantai, itu kini menjadi tujuan wisata terkenal.

Sebelum terkenal seperti sekarang, Golovkin bukanlah siapa-siapa. Dia bukan petinju terkenal. Namanya mulai menyeruak ketika petinju yang memiliki nama ring, GGG, meraih medali perak Olimpiade Athena 2004. Dia kalah dari petinju Rusia di final. Sementara itu, rekannya, Bakhtiyar Artayev membawa pulang medali emas ke Kazakhstan.

Dia bukan superstar lokal. Kemudian pelatih Abel Sanchez datang untuk menempa GGG menjadi sehebat sekarang. Di bawah tempaan Sanchez, GGG mulai melirik ring profesional. "Sangat adil untuk mengatakan. Tidak ada tinju pro di Kazakhstan saat itu. Mereka memiliki tinju amatir tetapi mereka tidak pernah menjadi pro. Orang tidak mengenal Golovkin sampai dia membuat namanya di AS, kemudian dia menjadi lebih populer di Kazakhstan,’’terang Sanchez kepada Sky Sports.

"Mereka mengenalnya tetapi dia tidak dihargai atau dihormati seperti dia sekarang. Saat itu, mereka tidak memandangnya seperti yang mereka lakukan sekarang,"lanjutnya.



Pertarungan kariernya satu-satunya Golovkin di Kazakhstan pada awalnya dijadwalkan di Berlin, Jerman, dan disusun kembali dengan sedikit publikasi pada pemberitahuan tiga minggu. "Dia tidak populer karena dia tidak di TV. Dia bukan bintang besar, besar," kata Sanchez.

Ayah Golovkin adalah Rusia dan ibunya Korea - ini tidak biasa di Kazakhstan, sebuah negara yang hanya memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1991, tetapi itu adalah detail lain yang memperumit perannya sebagai duta olahraga. Tetapi Golovkin, menurut mereka yang bekerja dengannya, menunjukkan mengapa ia dihindari oleh Kelas Menengah atas dunia.

Dia memenangkan gelar sementara WBA tetapi pertarungan dengan juara bertahan Felix Sturm tidak terwujud, sehingga status Golovkin ditingkatkan. Pertarungan pertamanya dan satu-satunya di Kazakhstan, di ibu kota Astana, akan menjadi pertarungan mempertahankan gelar Kelas Menengah WBA perdana melawan pemain Kolombia Nilson Julio Tapia.

"Kami bertarung di fasilitas tenis," kenang Sanchez. "Kami memiliki penonton 3.000 orang dan sambutan yang luar biasa. Golovkin ramah dengan orang-orangnya,"lanjut Sanchez.

Mengingat ini adalah juara dunia yang kembali ke tanah airnya, itu jauh dari arena seperti Madison Square Garden dan T-Mobile di mana Golovkin akhirnya akan menjadi berita utama. Pertarungan itu sendiri merupakan tiga ronde satu sisi yang menguntungkan sang juara dan pelatihnya saat itu ingat kesimpulannya yang berdebar: "Itu adalah hook kiri ke tubuh - dia berlutut, merintih kesakitan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)