alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tanggapi Serangan Iran, Trump Hanya Siapkan Sanksi Berat

Agus Nyomba
Tanggapi Serangan Iran, Trump Hanya Siapkan Sanksi Berat
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat memberikan keterangan pers soal serangan Iran di Gedung Putih. Foto: Al Jazeera

TEHERAN - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bakal menyiapkan sanksi berat kepada Iran, yang baru saja melancarkan serangan rudal ke basis militer AS di Irak.

Itu setelah karena serangan tersebut belum membahayakan pasukan AS yang ditempatkan di sana dan kerusakan sangat minim, sebuah hasil yang dia katakan menunjukkan Teheran ingin mengurangi eskalasi konflik.

Trump mengatakan, Iran tampaknya akan mundur di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran tentang pembunuhan AS terhadap komandan militer Iran Qassem Soleimani di Irak pekan lalu.



Trump mengumumkan AS akan segera menjatuhkan sanksi "kuat" hingga "Iran mengubah perilakunya".

Komentar itu adalah pernyataan pertama Trump di televisi sejak Iran menembakkan lebih dari selusin rudal di dua pangkalan Irak yang menampung pasukan AS. Trump juga mengatakan tidak ada korban Irak.

"Fakta bahwa kita memiliki militer dan peralatan yang hebat ini, tidak berarti kita harus menggunakannya. Kita tidak ingin menggunakannya. Kekuatan Amerika, baik militer maupun ekonomi, adalah pencegah terbaik," kata Trump dalam pidatonya dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (09/01/2020).

Sementara Iran mengatakan serangan hari Rabu terhadap satu pangkalan Irak di Erbil dan pangkalan Ain al-Asad di Irak barat adalah balas dendam atas pembunuhan Soleimani. Itu memperingatkan AS agar tidak membalas serangan tersebut.

Sebelumnya pada hari Rabu, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Hosseini Khamenei mengatakan serangan Iran adalah "tamparan di wajah" AS dan mengatakan pasukan AS harus meninggalkan wilayah itu.

Menteri luar negeri Teheran mengatakan Iran mengambil langkah-langkah proporsional untuk membela diri dan tidak mencari eskalasi.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook