TOPIK TERPOPULER

Siklon Tropis Surigae Bergerak Menjauh dari Indonesia, Warga Diminta Tetap Waspada

Binti Mufarida
Siklon Tropis Surigae Bergerak Menjauh dari Indonesia, Warga Diminta Tetap Waspada
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut saat ini Siklon Tropis Surigae terpantau berada di Samudera Pasifik Utara Papua bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Foto: Istimewa

JAKARTA - Siklon Tropis Surigae terpantau berada di Samudera Pasifik Utara Papua bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Meski demikian, intensitas Siklon Tropis Surigae ini dalam 24 jam ke depan diperkirakan akan meningkat.

“Siklon Tropis Surigae terpantau berada di Samudera Pasifik Utara Papua, bergerak ke arah barat barat daya menjauhi wilayah Indonesia. Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Surigae dalam 24 jam ke depan akan meningkat,” ujar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat media sosial resminya, Jumat (16/4/2021).

Namun begitu, BMKG mengimbau agar tetap waspada pada wilayah Indonesia bagian Timur. Terutama adanya dampak gelombang tinggi akibat Siklon Tropis Surigae ini. “Tetap waspada pada wilayah terdampak. Terutama dampak gelombang laut tinggi tetap perlu diwaspadai," ucapnya.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Periode Transisi

Gelombang laut setinggi 1,25 hingga 2,5 meter akibat Siklon Tropis Surigae ini diperkirakan akan terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Perairan Kepulauan Sitaro, dan Perairan Bitung-Likupang. Laut Maluku dan Perairan Selatan Sulawesi Utara.



Kemudian, Perairan Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Raja Ampat bagian utara, Perairan Manokwari, Perairan Biak, Teluk Cenderawasih, dan Perairan Jayapura-Sarmi.

Sementara itu, gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter diperkirakan terjadi di Samudra Pasifik Utara Halmahera dan Samudera Pasifik Utara Jayapura.

Selain itu, gelombang setinggi 4 hingga 6 meter akibat Siklon Tropis Surigae ini juga akan berpotensi terjadi di Samudera Pasifik utara Papua Barat hingga Biak.

Baca Juga: Hadapi Bencana, BMKG Ajak Semua Pihak Berkolaborasi



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!