alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Harap BPD Beri Hal Positif untuk Pembangunan Desa

Eky Hendrawan
Dewan Harap BPD Beri Hal Positif untuk Pembangunan Desa
Dewan harap Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa beri kontribusi positif untuk bangun Desa. Foto: Sindonews/Ilustrasi

BULUKUMBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, berharap Badan Permusyawaratan Desa (BPD), selalu memberikan dampak positif bagi pembangunan desa di Kabupaten Bulukumba.

Di mana BPD dianggap sebagai lembaga yang bermitra dengan pemerintah desa.

Anggota Fraksi Gerindra, Abdul Hakim, menjelaskan BPD merupakan Lembaga yang berada di tingkatan Desa sebagai mitra Pemerintah Desa yang bertugas dalam tiga M, yakni membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, serta Melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.



"Sesuai dengan peraturan bupati nomor 2 tahun 2016, laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan APBDesa paling lambat 1 bulan setelah tahun anggaran berjalan," kata Abdul Hakim, anggota Komisi A DPRD Bulukumba, Kamis, (9/01/2020).

Abdul Hakim menambahkan, ending dari setiap tanggung jawab yang dijalankan oleh BPD melahirkan dampak positif atas pemerataan pembangunan terhadap masyarakat desa dan dapat mencegah praktek-praktek tindakan korupsi di tingkatan Pemerintah Desa.

"Badan permusyarawatan Desa selaku Badan Pengawasan dalam pelaksanaan APBDes setidaknya bisa meminta keterangan pemerintah desa terkait kendala yang di alami sehingga terbit surat teguran tersebut," jelasnya.

Ia berharap semua BPD di setiap desa harus proaktif membantu pemerintah desa, memberi masukan demi terwujudnya pembangunan desa yang transparan dan akuntabel dan tepat waktu.

"Saya selaku mantan perangkat desa mengapresiasi DPMD dengan adannya teguran, semoga para pemerintah desa segera merampungkan apa yang sudah menjadi tanggungjawabnya," pungkasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook