Disaksikan Ratusan Jamaah, Dua Warga Surabaya Ini Jadi Mualaf

Jum'at, 16 April 2021 - 21:32 WIB
loading...
Disaksikan Ratusan Jamaah, Dua Warga Surabaya Ini Jadi Mualaf
Usai Salat Jumat, satu pemuda dan satu perempuan mengucapkan ikrar masuk Islam di Masjid Al-Akbar Surabaya. SINDOnews/Ali
A A A
SURBAYA - Jumat pertama bulan Suci Ramadhan menjadi titik balik yang baik bagi dua warga Surabaya. Usai Salat Jumat, satu pemuda dan satu perempuan mengucapkan ikrar masuk Islam di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Pelaksanaan ikrar dipimpin langsung oleh Ustaz H Nasich Hidayatullah. Imam rawatib Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ini menuntun kedua mualaf melafalkan dua kalimat sahadat yang disaksikan oleh ratusan jamaah.

Ustaz Ahmad Nasih Hidayatullah menuturkan, bahwa kedua mualaf tersebut masuk Islam atas kesadaran dan keinginan sendiri. Bahkan keluarga dan kedua orangtua mereka sudah mengetahuinya.

"Keluarga besar mereka ada yang Muslim juga. Sudah lama mereka berdua ingin masuk Islam, tapi karena mungkin beberapa hal akhirnya hari ini mereka baru resmi mengucap kalimat Syahadat," katanya.

Nasih melanjutkan, jumlah mualaf yang memeluk Islam melalui Masjid Al-Akbar sudah tidak terhitung. Setiap Jumat ada muallaf yang ikrar masuk Islam di Masjid Nasional Al-Akbar. Usai berikrar, para muallaf nantinya akan diberikan pembinaan beberapa hal tentang bagaimana menjadi Muslim dan Muslimah yang baik. Baca: Gerebek Pesta Sabu, Dua Pemuda Bima Ditangkap Polisi.

"Pembinaan itu terkait bagaimana Salatnya, zakatnya dan lainnya. Jadwal pembinaan sesuai schedule yang sudah ditetapkan oleh pengurus Masjid Al-Akbar," terangnya.

Prosesi ikrar masuk Islam ini cukup mudah. Para mualaf didampingi saksi duduk berhadapan dengan pembimbing. Sebelum ikrar, calon diberikan pertanyaan alasan masuk Islam. Kemudian setelah ikrar, mereka menandatangani sertifikat yang akan diberikan setelah melalui beberapa pembinaan keagamaan. Baca Juga: Polisi Amankan 200 Motor dari Balap Liar saat Ngabuburit.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)