alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Sepelekan, Penyakit Ini Justru Rentan Menyerang Perempuan Ketimbang Laki-laki

Sri S Syam
Jangan Sepelekan, Penyakit Ini Justru Rentan Menyerang Perempuan Ketimbang Laki-laki
Sejumlah penyakit ini disebut lebih sering menyerang perempuan dibanding laki-laki, bahkan menyebabkan kematian. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Dalam dunia medis dan kesehatan, baik laki-laku maupun perempuan, keduanya memiliki risiko yang sama terhadap suatu penyakit. Namun, dalam beberapa kasus, beberapa penyakit lebih sering menyerang perempuan ketimbang laki-laki. Seperti diurai di bawah ini.

1. Lupus
Lupus adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh autoimun sehingga antibodi dalam tubuh secara keliru menyerang sel atau organ yang sehat. Dilansir dari laman organisasi Lupus, penyakit Lupus lebih sering menyerang perempuan karena tubuh perempuan lebih sedikit memiliki gen Human Leukocyte Antigen (HLA). Gen HLA ini sendiri lebih banyak ditemukan pada laki-laki.

2. Stroke
Berdasarkan laman medis Stroke menyebutkan jika perempuan lebih rentan terkena stroke bahkan stroke lebih banyak menyebabkan kematian pada perempuan ketimbang pada laki-laki.



3. Tiroid
Kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid. Pada beberapa kasus, terutama pada perempuan, kelenjar tiroid tidak berfungsi normal da dapat menghasilkan hormon secara berlebihan. Kondisi ini dinamakan hipertiroid.

4. Infeksi Saluran Kemih
Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan infeksi yang menganggu organ-organ seperti ginjal, kandung kemih, uretra. ISK lebih sering menyerang perempuan ketimbang laki-laki karena memang anatomi tubuh perempuan berhubungan dengan saluran kencing, sangatlah berbeda dengan anatomi laki-laki.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook