TOPIK TERPOPULER

Fakta Lucky Matuan, Eks Prajurit TNI yang Jadi Komandan Lapangan OPM

SM Said
Fakta Lucky Matuan, Eks Prajurit TNI yang Jadi Komandan Lapangan OPM
Lucky Y Matuan semasa masih berseragam TNI. Foto: Istimew

INTAN JAYA - Nama Lucky Y Matuan alias Lukius mendadak terkenal. Itu lantaran dirinya yang bergabung dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Lakius merupakan prajurit TNI berpangkat pratu dari Yonif 410/Alugoro.
 

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa, sebelumnya sudah mengonfirmasi kebenaran adanya prajurit TNI yang membelot ke OPM. Akan tetapi, kejadian itu terjadi dua bulan lalu, tepatnya Februari 2021.

Baca juga: Berkhianat! Mantan Prajurit Raider Membelot Bergabung Jadi Komandan Lapangan OPM

 

"Ya ada media pendukung OPM memuat berita tentang kaburnya oknum prajurit TNI dari Yonif 410. Walaupun hal itu benar, tetapi kejadiannya 12 Februari 2021 yang lalu, bukan kejadian baru dan sudah diberitakan di media," kata Suriastawa, Jumat (16/4/2021).



 

Suriastawa menjelaskan, prajurit tersebut kabur tanpa membawa satu pun senjata. Menurutnya, sampai dengan saat ini keberadaanya pun tak diketahui.

 

Lucky Y Matuan saat bertugas di Papua dimasukan ke dalam organik Yonif Raider 400/Banteng Raiders sebagai prajurit atau pasukan bantuan dari Yonif 410/Alugoro.

Baca juga: Satgas Nemangkawi Buru Lerry Mayu Telenggen Sosok Pembantai Pelajar SMA di Ilaga Papua



 

Yonif Raider 400/Banteng Raiders dan Yonif 410/Alugoro adalah dua Batalyon Infanteri di bawah Komando Kodam IV/Diponegoro. Yonif Raider 400/Banteng Raiders yang merupakan pasukan pemukul Kodam IV/Diponegoro ditugaskan untuk menjaga daerah rawan di Papua. Selama penugasan di Papua Yonif Raider 400/Banteng Raiders di bawah kendali Kogabwilhan III yang bertugas atau di BKO kan di wilayah Intan Jaya.

 



(luq)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!