Tips Jitu Jadi Petani Cabai Sukses ala Alumnus UGM

Sabtu, 17 April 2021 - 17:28 WIB
loading...
Tips Jitu Jadi Petani Cabai Sukses ala Alumnus UGM
Webinar Kagama Pertanian dan Fakultas Pertanian UGM menghadirkan petani cabai millenial Pulung Widi Handoko. Foto/UGM
A A A
JAKARTA - Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Pulung Widi Handoko sebagai petani cabai milenial memberikan tips kepada calon petani cabe agar bisa mendapat omzet puluhan juta rupiah.

Berdasarkan data dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementrian Pertanian, petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya berjumlah 2,7 juta orang. Jumlah ini hanya sekitar 8 % dari total petani kita yang berjumlah 33,4 juta orang.



Melihat fenomena tersebut Kagama Pertanian dan Fakultas Pertanian UGM menghadirkan petani cabai millenial Pulung Widi Handoko. Pulung adalah Alumnus Fakultas Pertanian UGM Angkatan 2014 yang merupakan petani cabai dari Kabupaten Magelang. Sekali panen, omzetnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Pulung menuturkan, kunci pertama untuk budidaya cabai ialah pada pemilihan lahan dan kunci kedua adalah cukupnya ketersediaan air. Perlu juga diperhatikan untuk pengolahan tanah sehingga petani harus rajin membersihkan sisa tanaman/gulma, pembuatan bedengan, pengapuran, pemupukan dasar, dan penutupan mulsa.

Pulung melanjutkan, pemilihan varietas (diterima pasar, mempunyai produktivitas yang tinggi, sesuai kondisi lahan, mempunyai keunggulan toleran terhadap OPT tertentu) juga perlu menjadi perhatian.



Selain itu, agar budidaya cabai suskes maka waktu tanam, lahan kering atau tegalan penanaman pada awal musim penghujan, lahan sawah bekas padi pada akhir musim penghujan juga menjadi kunci keberhasilan.

“Pada musim hujan, sebaiknya kita menanam pada jarak yang lebih lebar misalnya 40 x 45cm, atau 50cm x 60cm agar sinar matahari lebih banyak masuk dan mudah untuk melakukan penyemprotan. Penguatan bibit cabai juga harus diperhatikan, penanaman lebih baik dilakukan pada sore hari karena intensitas matahari tidak terlalu tinggi agar lebih survive,” ujarnya dikutip dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Sabtu (17/4).

Menurut Pulung, hal lain yang penting adalah berkaitan dengan pemeliharaan karena semua orang bisa menanam cabai, tapi tidak semua orang bisa memelihara dengan baik. Pemeliharaan meliputi sanitasi atau kebersihan (jaga kebersihan lahan, air, tanaman, perkakas yang digunakan), pengamatan (perlu tidaknya pemupukan, serangan OPT, dan kebutuhan air), aksi atau tindakan dan evaluasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2664 seconds (0.1#10.140)