Begini Tips Berpuasa yang Sehat untuk Penderita Diabetes

Minggu, 18 April 2021 - 11:03 WIB
loading...
Begini Tips Berpuasa yang Sehat untuk Penderita Diabetes
Penderita diabetes harus memastikan gula darah tetap terkontrol selama bulan ramadan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MANADO - Selama bulan suci ramadan , penderita diabetes memiliki tantangan dalam menjalankan ibadah puasa. Karena harus memastikan gula darah tetap terkontrol, yaitu agar tidak mengalami Hipoglikemia (gula darah turun) ataupun hiperglikemia (gula darah tinggi) karena makan berlebihan saat berbuka.

Tak hanya itu, penderita diabetes juga harus memastikan imun tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa agar tidak rentan terhadap Covid-19. Perubahan pola makan karena berpuasa akan sangat berpengaruh terhadap perubahan metabolisme tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals Manado, dr Diane Paparang mengatakan orang cenderung makan berlebih saat berbuka puasa karena merasa kurang selama asupan menjalankan ibadah puasa . Hal itu bisa menimbulkan bahaya bagi penderita diabetes.

"Kendala lain saat berbuka puasa, umumnya kita akan makan secara berlebih karena merasa kurangnya asupan selama melaksanakan puasa dan tidak sesuai komposisi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Hal ini justru membahayakan si penderita diabetes itu sendiri," kata dr Diane Paparang dalam webinar, Sabtu (17/4/2021).



Hal penting yang tepat dilakukan, adalah harus diiringi dengan mengikuti pola makan seimbang dan prinsip 3J, yaitu dengan menghitung jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi tubuh, kemudian harus memperhatikan jenis serta jumlah makanan yang dikonsumsi. "Untuk itu harus bisa mengatur porsi makan pada saat berpuasa agar kadar gula darah tetap terjaga," imbuh Diane mengingatkan.

Pengaturan porsi makan tentunya sangat mempengaruhi perubahan gula darah dalam tubuh. Adapun jenis makanan sehat yang ideal adalah makanan yang mengandung 45-65 persen karbohidrat, 10-20 persen protein, lemak 20-25 persen serta vitamin dan mineral yang penting untuk sistem imun.

Melalui edukas ini pun, Diane mengingatkan bahwa menghindari makanan dan minuman manis yang mengandung gula merupakan hal penting yang harus dilakukan termasuk membatasi konsumsi gula per hari dengan 50 gram atau sebanyak 4 sendok makan yang disesuaikan jadwal. Jumlah asupan kalori yang disarankan pada saat sahur yaitu sekitar 40 persen dari total kebutuhan energi dan dianjurkan sahur menjelang imsak.



Pada saat berbuka puasa disarankan untuk tidak langsung memakan banyak makanan karena hanya akan membuat perut sebah. Makanan berat akan membebani kerja lambung yang sudah beristirahat selama puasa, makan secara bertahap, mulai dari minum air putih, dan sedikit makanan manis sesuai dengan sunah nabi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2930 seconds (0.1#10.140)