Legendaris Tinju Indonesia Albert Papilaya Meninggal Dunia

Minggu, 18 April 2021 - 12:04 WIB
loading...
Legendaris Tinju Indonesia Albert Papilaya Meninggal Dunia
Legendaris tinju Indonesia Albert Papilaya meninggal dunia di Ternate/Foto/malukuterkini.com
A A A
JAILOLO - Legendaris tinju Indonesia Albert Papilaya meninggal dunia di Ternate, Maluku Utara. Albert sempat menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr. H Chasan Boesoerie sebelum mengebuskan napas terakhir, Minggu (18/4/2021) pukul 00.45 WIB atau 02.45 WIT.

Kiprah Albert Papilaya di dunia tinju nasional cukup bersinar dengan sederet prestasi termasuk di Olimpiade Barcelona di mana Indonesia meraih medali emas dari cabang bulu tangkis melalui Susy Susanti dan Alan Budikusuma. Albert turun di kelas 75 kg.



Petinju kelahiran Tobelo, Maluku Utara, 15 September 1967 merupakan legenda tinju amatir Indonesia. Dia banyak meraih prestasi termasuk mewakili Indonesia pada Olimpiade Barcelona 1992.

Sepanjang kariernya, dia tercatat telah mengoleksi sejumlah prestasi. Di antaranya empat medali emas di PON, tujuh medali emas SEA Games dan juga meraih prestasi di Piala Presiden.



Setelah pensiun dari dunia tinju, Albert Papilaya bertugas di Polda Metro Jaya . dia kemudian pulang ke kampung halamannya di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara awal Maret lalu.

Selama satu bulan kondisi kesehatan Albert Papilaya juga sempat menurun, sehingga membutuhjab menjalani perawatan kesehatan. Dia juga sempat berada dalam keadaan koma, sebelum akhirnya meninggal dunia.

Albert Papilaya pun membuat berbbagai pihak berbelasungkawa. Termasuk salah satunya Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari.

“Dunia tinju amatir Indonesia berduka. Kita telah kehilangan petinju yang pernah mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang SEA Games dan Olimpiade. Saya dan seluruh jajaran pengurus KOI ikut belasungkawa. Selamat jalan Bung Albert Papilaya,” kata Raja Sapta Oktohari, Minggu (18/4/2021).
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)