alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Amankan Belasan Pengguna Sabu Dalam Semalam

Faisal Mustafa
Polisi Amankan Belasan Pengguna Sabu Dalam Semalam
Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar saat memperlihatkan barang bukti sabu yang disita dari belasa pengguna yang berhasil diringkus. Foto: Sindonews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Jajaran Tim Satreskoba Polrestabes Makassar, menangkap belasan orang terkait dugaan tindak pidana penyalahgunaan narkoba di beberapa titik di Kota Makassar, sejak Kamis (9/1) pukul 21.00 Wita hingga Jumat (10/11) sekira pukul malam.

Wakil Kepala Satuan Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Indra Waspada Yuda menyebut, dari belasan pelaku yang ditangkap, tiga di antaranya adalah remaja wanita. Namun, peran inti keterlibatannya dalam kasus tersebut masih didalami penyidik. Sementara sisanya, adalah pria yang beberapa diantaranya merupakan mahasiswa.

"Kita mengamankan 16 orang dalam semalam terkait penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Ada juga yang pengangguran. Usianya juga masih produktif, 30 tahun ke bawah. Untuk peran, masih dalam pendalaman karena baru diamankan semalam. Nanti kalau ada perkembangan akan dilaporkan kembali," kata Indra saat rilis di Mapolrestabes Makassar Jumat (10/1/2020).



Mereka yang diamankan masing-masing, Andi Awal (20), Ilham Zaenal (18), Tio Alif (23), Mutmainna (18), Zaldi (24), Husni Mubarak (28), Sarip (29), Sri Devi (22), Nabilah (18), Ilham Nur (21), Syafanal Bahmid (42), Adrian (24), Adnan (20), Adolf Darmanto (21), Andi Arjuna (31) dan Fadel Ramadhan (27).

Penangkapan dijelaskan Indra, berdasarkan laporan masyarakat yang resah terkait maraknya aktifitas peredaran dan transaksi narkoba di beberapa wilayah di Makassar. Hingga mereka ditangkap masing-masing, di Jalan Faisal, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Harimau, Jalan Rappocini dan Jalan Batua Raya. Dari hasil tangkapan tersebut, petugas menyita barang bukti sabu seberat 20 gram.

"TKP yang di Jalan Faisal, barang bukti kurang lebih 15 gram. Yang lainnya di Jalan Tentara Pelajar, Harimau, Batua Raya dan Rappocini. Total barang bukti kurang lebih 20 gram," paparnya.

Sejauh ini lanjut Indra, pihaknya masih menyelidiki apakah beberapa orang dari pelaku terlibat dalam sindikat peredaran barang haram tersebut atau tidak. Penyelidikan mendalam juga sebagai rangkaian untuk mengetahui siapa dan dari mana, para pelaku mendapatkan sabu-sabu.

Bersama barang bukti, 16 orang pelaku saat ini masih diperiksa intensif di Mako Polrestabes Makassar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Umumnya, mereka dijerat dengan sangkaan Pasal 114 ayat 1, dan 112 ayat 1, Undang-Undang Nomor 35 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook