alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Seleksi CPNS, Pemprov Sulawesi Selatan Sewa 160 Komputer

Syachrul Arsyad
Seleksi CPNS, Pemprov Sulawesi Selatan Sewa 160 Komputer
Pemprov Sulsel akan menyewa 160 komputer untuk seleksi kompetensi dasar CPNS pada bulan ini. Foto/Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menyewa sekitar 160 unit komputer untuk persiapan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang direncanakan berlangsung bulan ini.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Sumarlin, mengatakan sewa komputer ini dilakukan karena pihaknya masih kekurangan fasilitas untuk pelaksanaan ujian berbasis computer assisted test (CAT).

Dikatakan, seleksi CAT CPNS tahun ini dibebankan ke tiap pemerintah daerah. Seleksi mandiri ini mengharuskan tiap daerah sebagai pelaksana, mempersiapkan sendiri lokasi dan sarana penunjang dalam pelaksanaan ujian bagi para peserta.



Kata Sumarlin, khusus tingkat Pemprov Sulsel lokasi ujian CAT CPNS bakal digelar di ruang Assesment Center Lantai IV kantor Gubernur Sulsel.

Tim dari Kantor Regional (kanreg) IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar diakui telah melakukan survei di lokasi tersebut. "Kalau kesiapannya sebenarnya kita siap secara umun. Kita sudah ditinjau akan dilaksanakan di Ruang Assesment Center. Pelaksanaan CAT-nya disana," tutur Sumarlin.

Hanya saja, penyediaan komputer memang masih kurang di tempat tersebut. Baru tersedia 100 unit komputer. Sementara tim dari BKN mempersyaratkan setidaknya Pemprov Sulsel harus mempersiapkan mininal 260 komputer.

Maka itu, pihaknya akan menyewa untuk menutupi kekurangan komputer sekitar 160 komputer lagi. "Kemarin kan kita dipersyaratkan 260 komputer. Yang siap sekarang 100. Jadi 160 komputer lagi akan kita sewa," paparnya.

Diketahui, berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data serta dokumen, pansel CPNS lingkup Pemprov Sulsel menetapkan sebanyak 5.393 pelamar dinyatakan lulus berkas. Mereka inilah yang berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yaitu seleksi SKD berbasis ujian CAT.

Sumarlin mengemukakan, dengan total peserta sebanyak itu, pelaksanaan ujiannya akan memakan waktu sekitar seminggu. Para peserta yang akan mengikuti ujian secara bertahap. Untuk jadwal pelaksanaan tesnya sendiri, kata Sumarlin, masih tentatif.

Meski begitu, dia mengaku seleksi CAT direncanakan bulan Januari ini. "Kita perkirakan paling lama enam sampai tujuh hari. Paling lama begitu. Tapi jadwalnya belum ada. Jadwalnya masih tentaif karena kita masih menunggu jadwal resmi dari BKN," jelas Sumarlin.

Sebelumnya Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN BKD Sulsel, Taufiq Akbar menegaskan, pelaksanaan ujian CAT CPNS dipersyaratkan di satu lokasi. Penambahan ruangan dengan maksud mengfektifikan masa ujian, tidak dimungkinkan.

"Tidak bisa memang beda lokasi. Aturan BKN begitu. Harus satu titik. Karena SDM-nya mereka (BKN) kurang, dan inikan mandiri, jadi otomatis mereka punya tenaga tersebar untuk pengawasan. Jadi diharapkan satu titik saja," tutur Taufiq.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook