Abdul Hayat Pimpin Rapat Rutin Pemprov Sulsel, Bahas Mudik hingga LHKPN

Senin, 19 April 2021 - 13:53 WIB
loading...
Abdul Hayat Pimpin Rapat Rutin Pemprov Sulsel, Bahas Mudik hingga LHKPN
Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani (kiri). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani memimpin pertemuan rutin yang digelar Pemprov Sulsel di ruang rapat pimpinan kantor Gubernur, Senin (19/4).

Dalam rapat tersebut, dibahal sejumlah hal. Mulai dari mudik lebaran Idul Fitri 2021, laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) , hingga penyerapan anggaran.



Abdul Hayat menegaskan, dalam urusan larangan mudik, masyarakat harus betul-betul diedukasi mengenai kebijakan pemerintah ini. Informasi kata dia, harus betul-betul sampai ke level RT/RW."Karena ini salah satu upaya kita dalam memutus mata rantai Covid-19 ," kata Abdul Hayat.

Abdul Hayat juga menyampaikan bahwa sejauh ini, untuk LHKPN semua yang punya kewajiban memberikan pelaporan sudah melakukannya. Di sisi lain, ia meminta OPD melengkapi data ASN di aplikasi berbasis elektronik bernama e-pinisi atau pengelolaan informasi kepegawaian terintegrasi.

Sementara soal serapan anggaran, Abdul Hayat meminta setiap OPD merealisasikan target sebesar 20% di akhir triwulan pertama."Kita sudah pada posisi 9,45% penyerapan anggaran. Yang sudah masuk seharusnya 20%," sebutnya.

"Memang suatu menjadi dilematis, percepatan serapan anggaran dibarengi dengan kehati-hatian yang tinggi, kadang juga rem yang diinjak. Takut kepeleset, artinya apa, serapan anggaran tersebut pastikan cepat. Namun demikian dengan pendampingan dari APIP," tambahnya.

Pemanfaatan data kependudukan oleh lembaga dan OPD yang ada di Pemprov Sulsel , juga ikut dibahas. Utamanya yang berhubungan langsung melakukan pelayanan kepada masyarakat.



Jika ini sudah dilakukan oleh OPD dengan memanfaatkan data kependudukan, maka layanan akan tepat sasaran. Hingga saat ini misalnya, kemelut penanggulangan kemiskinan karena data yang tidak tepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)