alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tim SAR Selamatkan 5 Nelayan Bone yang Terjebak di Tengah Laut

iNews.id
Tim SAR Selamatkan 5 Nelayan Bone yang Terjebak di Tengah Laut
Ilustrasi Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap nelayan yang terjebak di tengah laut. (dok iNews.id)

BONE - Tim SAR gabungan menyelamatkan lima nelayan asal Kabupaten Bone yang terjebak di tengah laut Bajoe, Sulsel. Hal itu terjadi setelah mesin kapal yang digunakan nelayan mendadak tidak berfungsi.

"Ada kabar dari anggota di Bone kalau ada warga terjebak di tengah laut. Anggota SAR Brimob Bone kemudian koordinasi dengan SAR lainnya untuk melakukan pertolongan," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo di Makassar, Sabtu (11/1/2020).

Tim SAR gabungan tersebut, selain melibatkan personel kepolisian, juga melibatkan Basarnas. Menurut informasi, lima orang nelayan yang semuanya merupakan warga Kelurahan Bajoe, Kecamatan Taneriattang Timur itu terjebak di tengah laut Bajoe saat mencari ikan.



Kepala Pos Basarnas Bone Andi Sultan adalah orang pertama yang menerima kabar bahwa lima orang nelayan terjebak di tengah lautan setelah kapalnya gagal fungsi dan terus terombang ambing di lautan yang jaraknya sekitar dua mil arah utara dari Pelabuhan Bajoe.

Setelah mendapat kabar itu, Komandan Batalyon C Pelopor Brimob Bone Kompol Nur Ichsan memimpin upaya pencarian dan evakuasi itu hingga akhirnya berhasil mengevakuasi para nelayan.

Para nelayan usai diselamatkan menjelaskan kronologi matinya mesin kapal yang ditumpanginya itu karena hempasan ombak besar dan menghantam karang sehingga baling-baling kapal rusak dan mati mesin.

"Cuaca memang ekstrim sepekan terakhir ini dan juga ombak tinggi, tetapi para nelayan ini tetap nekat melaut. Kami hanya mengingatkan agar sebelum melaut tetap memperhatikan kondisi cuaca," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook