Tim Gabungan Investigasi Pembukaan Lahan di Rongkong dan Seko

Senin, 19 April 2021 - 19:18 WIB
loading...
Tim Gabungan Investigasi Pembukaan Lahan di Rongkong dan Seko
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani memberikan penjelasan terkait pembukaan lahan yang dilakukan secara ilegal di Rongkong dan Seko, Senin (19/4). Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Pemprov Sulsel merespons laporan warga soal pembukaan lahan yang diduga dilakukan secara ilegal di sekitar jalur Mabusa-Palandoan dan Mabusa-Sepon, Kecamatan Rongkong dan Seko, Kabupaten Luwu Utara.

Respons tersebut berupa pembentukan tim investigasi. Keputusan ini diambil dalam rapat yang melibatkan Pemprov Sulsel , dalam hal ini Dinas Kehutanan Sulsel, Pemkab Luwu Utara , Dirlantas Polda Sulsel, dan kejaksaan di aula Laga Ligo Kantor Bupati Luwu Utara, Senin (19/4).



"Kita apresiasi gerak cepat dari Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, menindak lanjuti laporan warga terkait dengan danya pembukaan lahan secara ilegal di sekitar Rongkong dan Seko," kata Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani mengawali pemaparanya.

Indah menjelaskan, salah satu hasil keputusan dalam rapat yaitu membentuk tim investigasi lapangan, yang nantinya akan turun langsung melakukan penelitian, mencari tahu siapa pelaku, seberapa luas lahan yang digarap oleh para pelaku.

"Tim ini akan bekerja selama satu bulan ke depan, dan diharapkan bisa menghasilkan solusi. Dan yang paling penting dari hasil rapat tadi menegaskan, semua kegiatan pembukaan lahan di sana harus dihentikan sambil menunggu hasil investigasi selanjutnya," jelas bupati perempuan pertama di Sulsel itu.



Dia menjelaskan, pembukaan puluhan hektare lahan tersebut diduga telah menyalahi aturan, dan dampaknya pun sangat berisiko.

"Sangat bahaya jika ini tidak segera diantisipasi, kami di Luwu Utara masih trauma dengan musibah banjir bandang kemarin. Nah jika ada pembukaan lahan yang menyalahi aturan, pasti resikonya juga akan sangat berbahaya. Ditambah lagi curah hujan yang begitu tinggi," tuturnya.

Ia berharap, hal itu menjadi perhatian bersama mengingat pembukaan jalan jalur Mabusa-Palandoan dan jalur Mabusa-Sepon Rongkong dan Seko ini sudah cukup menghawatirkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2481 seconds (0.1#10.140)