alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Basmin Mattayang Minta Pengusaha Bisa Lebih Taat Perizinan

Chaeruddin
Basmin Mattayang Minta Pengusaha Bisa Lebih Taat Perizinan
Aktivitas pembangunan SPBU di Kabupaten Luwu yang belum mengantongi IMB dari pemerintah. Foto: Sindonews/Chaeruddin

LUWU - Bupati Luwu, Basmin Mattayang, menyindir sejumlah pengusaha di Kabupaten Luwu yang dinilai tidak taat aturan perizinan.

Disebutkan beberapa pengusaha yang tengah berinvestasi dan membuka usahanya di Luwu, tidak melapor ke Pemkab Luwu dalam hal ini kantor perizinan.

Padahal kata Bupati Luwu, Pemkab Luwu sendiri tidak akan mempersulit para pengusaha untuk mengurus izin mereka selama syarat-syarat dipenuhi oleh pengusaha.



"Sesuai instruksi Pak Presiden agar daerah membuka kran selebar-lebarnya bagi investor, seperti mempermudah pengurusan izin. Luwu sudah melaksanakan hal ini, namun pemerintah juga tidak akan menerima jika ada pengusaha yang berinvestasi tanpa bermohon ke pemerintah," ujarnya.

Disebutkan dalam kesempatan tersebut, diantaranya adalah sejumlah SPBU yang mulai melakukan aktivitas pembangunan sampai saat ini belum melapor atau mengajukan izin ke Pemkab Luwu seperti izin IMB.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Moch Arsal Arsyad mengatakan, penerbitan izin ke pengusaha juga terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dimana muaranya adalah peningkatan pembangunan di daerah.

"Seperti yang dijelaskan Bapak Bupati, pemerintah sudah mempermudah pengurusan izin di daerah dan Bapak Bupati juga menekankan bukan berarti pengusaha lepas dari kewajiban pengurusan izin, syaratnya tetap harus dipenuhi," kata Arsal.

Informasi tentang pembangunan dua SPBU di Luwu tidak mengantongi izin IMB dibenarkan oleh Kepala Bapenda.

"Sebelum izin IMB nya terbit harusnya tidak boleh ada pembangunan. Selain ada pelanggaran, pengusaha seperti ini akan sulit ditagih pajak IMB nya ketika usahanya sudah berjalan," ujarnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook