alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penunjukan Kapten Tim PSM Makassar, Bojan Serahkan ke Pemain

Muhaimin Sunusi
Penunjukan Kapten Tim PSM Makassar, Bojan Serahkan ke Pemain
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak saat memimpin latihan tim Juku Eja. Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Pelatih Kepala PSM Makassar Bojan Hodak, menyerahkan sepenuhnya kepada pemain untuk menunjuk kapten tim selama semusim.

Hal itu ia lakukan, karena sosok kapten tim akan punya tugas berat di lapangan nantinya, sehingga Bojan tak akan menunjuk pemain sebagai kapten secara egois. Dia akan menerapkan sistem demokratis.

"Biasanya saya biarkan pemain yang memilih. Jadi mungkin beberapa hari sebelum pertandingan nanti, saya akan bicara sama pemain untuk memilih kapten," kata Bojan usai memimpin latihan di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (12/1/2020).



Bojan menilai, kapten yang dipilih secara demokratis memiliki keunggulan tersendiri. Dimana pemain yang ditunjuk tersebut, tentunya memiliki rasa penghormatan khusus dari pemain lainnya.

"Dia adalah pemimpin dalam tim. Para pemain harus memilih siapa yang mereka percaya untuk memimpin mereka (selama semusim ke depan)," ujar Bojan.

Lebih jauh, juru taktik asal Kroasia ini menyebutkan, kapten yang dipilih secara demokratis juga akan lebih didengar rekan-rekannya. Apalagi kata Bojan, tugas seorang kapten tidaklah mudah.

"Karena orang ini akan menjadi tangan kanan saya di lapangan saat pertandingan tiba. Jadi perlu kapten yang dipilih langsung oleh pemain lainnya," lanjutnya.

Di bawah kendali Bojan, formasi kapten di PSM bakal berbeda. Musim lalu, sebanyak lima pemain. Namun musim ini dikurangi. "Biasanya cuma tiga orang," tegasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook