Baznas Palopo Minta Lembaga Swasta Laporkan Hasil Pengumpulan Zakat

Selasa, 20 April 2021 - 18:21 WIB
loading...
Baznas Palopo Minta Lembaga Swasta Laporkan Hasil Pengumpulan Zakat
Baznas Kota Palopo meminta lembaga swasta yang selama ini ikut mengumpulkan zakat agar melaporkan hasilnya. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
PALOPO - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palopo , meminta lembaga swasta di Kota Palopo yang selama ini ikut mengumpulkan zakat agar melaporkan hasilnya ke Baznas .

Ini disampaikan Wakil Ketua 3 Bidang Perencanaan Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan Baznas Palopo , As’ad Syam, di hadapan Wali Kota Palopo , HM Judas Amir, beberapa waktu lalu.



Menurutnya, data zakat yang dikumpulkan pihak swasta ini penting diketahui Baznas . "Bukan berarti Baznas akan meminta pengelolaan zakat yang teman-teman lain kumpul, namun ini penting untuk mengetahui tingkat partisipasi penyaluran zakat warga muslim di Kota Palopo," ujarnya.

Dilaporkan Baznas Kota Palopo, tahun 2020 mereka telah mengumpulkan zakat mal termasuk infak rumah tangga dan sedekah sebesar Rp2,3 miliar. "Khusus zakat fitrah 1441 H kita kumpulkan sebesar Rp2,3 miliar," sebutnya.

As'ad Syam melanjutkan, jumlah zakat mal dan zakat fitrah yang mereka kumpulkan sebesar Rp4,6 miliar. "Ini catatan di Baznas Kota Palopo ," lanjutnya.

"Tentu ada juga teman-teman yang lain kumpulkan zakat . Fungsi mereka seharusnya melaporkan pengumpulannya ke Baznas ," sebutnya.



Dia melaporkan, penyaluran zakat ke mustahik atau orang yang berhak sebesar Rp1,3 miliar dari zakat mal dan Rp551 juta dari infak yang berasal dari ASN Pemkot Palopo .

"Program yang kami laksanakan di Baznas adalah Palopo Taqwa, seperti kebutuhan masjid utamanya di luar kota, seperti masjid di Telluwanua dan Battang, itu dana infak kami arahkan ke sana termasuk anak mustahik yang mau menyelesaikan pendidikannya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)