alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPK Diminta Usut Tuntas Kasus Jual Beli PAW Anggota DPR

Rico Afrido Simanjuntak
KPK Diminta Usut Tuntas Kasus Jual Beli PAW Anggota DPR
KPK diminta berani mengusut tuntas kasus jual beli PAW Anggota DPR dari Fraksi PDIP. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta tidak perlu takut untuk mengusut tuntas kasus jual beli Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). KPK dinilai perlu menuntaskan kasus tersebut hingga seterang-terangnya.

"KPK perlu menuntaskan hal ini hingga seterang-terangnya, jangan takut mengungkap kebenaran sekalipun 'raksasa' yang harus terjerat," ujar Politikus Muda Partai Gerindra Kawendra Lukistian kepada SINDOnews, Senin (13/1/2020).

Adapun dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan tersangka sejumlah orang. Mereka di antaranya Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan orang kepercayaannya, Agustiani Tio Fridelina. Wahyu dan Agustina sebagai penerima suap.



Sedangkan pemberi suap adalah calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku, dan Saeful, swasta.

"Tentunya peristiwa tertangkapnya Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan jelas mencoreng marwah lembaganya sendiri dan membuat kepercayaan masyarakat roboh terhadap institusi penyelenggara pemilu tersebut," terang Kawendra.

Bahkan, kata Kawendra, kini masyarakat mempertanyakan kembali kemurnian hasil Pilpres 2019 lalu. "Kalau komisionernya saja bisa disuap seperti itu saat ini, bagaimana waktu-waktu sebelumnya," ucapnya.

Yang lebih miris lagi, lanjut dia, jawaban Wahyu Setiawan saat dimintai bantu untuk PAW. "'Siap Mainkan' ini jelas betapa bejatnya moral beliau dalam mengemban amanah rakyat," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook