alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapal Hantu Indonesia 'Ourang Medan' Ditemukan di Selat Malaka

Sri S Syam
Kapal Hantu Indonesia Ourang Medan Ditemukan di Selat Malaka
Kisah horor terkenal di Indonesia adalah Kapal Hantu Ourang Medan. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Banyak misteri yang ada di Dunia ini yang hingga kini belum terpecahkan, beberapa diantaranya ternyata ada di negara Indonesia. Dilanisr dari wordstory, misteri tersebut masih jadi perbincangan dan belum ada jawaban yang pasti. Berikut sejumlah misteri Dunia di Indonesia

1. Kapal Hantu Indonesia "Ourang Medan"
Kisah horor terkenal di Indonesia adalah Kapal Hantu Ourang Medan. Cerita ini muncul pada tahun 1947 ketika dua kapal Amerika bernama City of Baltimore dan Silver Star berlayar di Selat Malaka.

Mereka kemudian mendeteksi sinyal darurat dari kapal dagang belanda yang mengaku sebagai "Ourang Medan". Kapal itu memberi sinyal kepada kapal-kapal terdekat yaitu City of Baltimore dan Silver Star. Sinyal-sinyal bahkan terdeteksi oleh pos pengawasan kapal Belanda di Selat Malaka.



Operator pos kemudian melacak sumber sinyal dan menemukan bahwa sinyal itu juga berasal dari Selat Malaka. Mereka kemudian mengirimkan kapal Silver Star untuk menyelidiki karena kapal itu kapal terdekat dengan sinyal Ourang Medan.

Setelah awak kapal menjelajahi bagian kapal, misteri dimulai. Mereka menemukan semua orang mati di kapal Ourang Medan dengan kondisi mengerikan dan mayatnya ditemukan dengan mata menonjol tanpa indikasi kekerasan.

Kemudian setelah seluruh pemeriksaan kapal dilakukan dan tidak ada tanda kehidupan, kapal Silver Star kemudian mencoba menarik kapal Ourang Medan ke pelabuhan untuk melakukan penyelidikan, akan tetapi sebelum kapal itu ditarik, tiba-tiba kapal itu meledak sendiri dan meninggalkan misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

2. Sebuah Batu Terdampar secara Misterius di Laut Eropa
Misteri Indonesia berikutnya adalah batu/blok terdampar yang berbentuk persegi yang ditemukan di lautan Eropa. Blok itu memiliki ukiran 'Tjipetir" yang menjadi petunjuk penting.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Trace Williams, penduduk Newquay, Cornwall, Inggris, mencoba menyelidi lebih lanjut untuk menemukan darimana batu tersebut berasal. Investigasi selesai dengan kesimpulan blok berasal dari Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Setelah diteliti, ditemukan bahwa benda misterius yang terdampar bukanlah batu, melainkan getah karet dimana jenis material yang lebih padat biasanya digunakan dalam kabel telegram di bawah dasar laut. Benda-benda yang terdampar juga ditemukan di lautan Shetland, Channel Island, Spanyo, Perancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia dan Denmark.

Seharusnya benda-benda blok itu dibawa oleh kapal Jepang yang tenggelam, Miyazaki Kargo, sebuah kapal kargo yang tenggelam ini memang memiliki tugas untuk membawa benda-benda di era perang Dunia Pertama. Namun hingga kini, tak jelas pembawa blok-blok Indonesia tersebut hingga terdampar di lautan Eropa. (bersambung)



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook