UMKM Tumbuh Bersama Kreasi UMi Pegadaian

Rabu, 21 April 2021 - 14:32 WIB
loading...
UMKM Tumbuh Bersama Kreasi UMi Pegadaian
Petta Aji Nambung (kiri) menakar jualan sayurnya sementara sang istri melihat tabungan emas pegadiannya di Gowa, Senin (19/4). PT Pegadaian terus meningkatkan penyaluran Kreasi UMi membantu UMKM. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - PT Pegadaian (Persero) terus meningkatkan penyaluran Kredit Ultra Mikro (Kreasi UMi) dalam upaya membantu perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang belum pernah mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan (unbankable) melalui KUR.

Dalam mendukung keberlangsungan dan pengembangan Usaha Ultra Mikro dan UMKM, PT Pegadaian (Persero) memberikan fasilitas berupa pembiayaan dalam produk Kreasi UMi yang berbasis fidusia, serta KCA/ Rahn UMi yang berbasis gadai.



Pegadaian menyediakan fasilitas pembiayaan usaha kepada pengusaha mikro, kecil dan menegah yang membutuhkan tambahan modal untuk kegiatan usahanya.

Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil VI Makassar, Zulfan Adam mengatakan, sebagai salah satu lembaga jasa keuangan non bank milik pemerintah, Pegadaian menyediakan fasilitas pembiayaan usaha kepada pengusaha mikro, kecil dan menegah yang membutuhkan tambahan modal untuk kegiatan usahanya.

“Sebagai BUMN, Pegadaian memiliki visi yaitu menjadi The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan sebagai agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat sehingga Pegadaian hadir untuk memberikan akses permodalan kepada pengusaha ultra mikro dan UMKM sehingga terhindar dari rentenir atau praktik ijon,” ujarnya.



Pegadaian juga mengembangkan produk kredit UMi melalui sistem gadai dengan nama program KCA/Rahn UMi. Produk ini diluncurkan pada bulan Agustus 2020. Tercatat hingga Desember tahun 2020 penyaluran kredit KCA UMi adalah sebesar Rp117,38 miliar.

Berikut momen pelaku UMKM yang tumbuh bersama Kreasi UMi:
UMKM Tumbuh Bersama Kreasi UMi Pegadaian

Seorang ibu memasarkan jualan sepatunya secara online menggunakan smartphone di Makassar, Selasa (20/4). PT Pegadaian (Persero) terus meningkatkan penyaluran Kredit Ultra Mikro (Kreasi UMi) dalam upaya membantu perkembangan UMKM. Foto SINDOnews/Maman Sukirman
UMKM Tumbuh Bersama Kreasi UMi Pegadaian

Seorang pedagang kaki lima (PKL) mengakses aplikasi mobile Sahabat Pegadaian di depan Masjid 99 Kubah, Makassar, Kamis 15 April lalu. Dengan Pegadaian Mobile nasabah dapat menjadi agen multi pembayaran online pegadaian. PT Pegadaian terus meningkatkan penyaluran Kredit Ultra Mikro (Kreasi UMi) dalam upaya membantu perkembangan UMKM. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)