TOPIK TERPOPULER

Lukisan Wajah Nurdin Abdullah Hiasi Puncak To Tombi Lolai Tana Toraja

Tim SINDOnews
Lukisan Wajah Nurdin Abdullah Hiasi Puncak To Tombi Lolai Tana Toraja
Lukisan wajah Nurdin Abdullah yang terpajang di Puncak To Tombi Lolai Tana Toraja, Sabtu 17 April lalu. Foto: Istimewa

TANA TORAJA - Puncak To Tombi Lolai Tana Toraja atau yang dikenal dengan Negeri di Atas Awan tampak berbeda pada Sabtu 17 dan Minggu 18 April 2021. Puluhan lukisan terpajang di sejumlah sudut. Beberapa di antaranya bergambar wajah Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel nonaktif.

Lukisan-lukisan tersebut merupakan karya para pekerja seni gabungan asal Kota Makassar dan Tana Toraja. Bagi mereka, Nurdin Abdullah merupakan sosok yang menginspirasi. Nurdin juga, disebut selalu memberi perhatian terhadap seniman.

Baca juga: Pekerja Seni Beri Dukungan Morel untuk Nurdin Abdullah Lewat Lukisan

Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi ruang bagi para pekerja seni untuk memberikan semangat sekaligus doa kepada Nurdin Abdullah dalam bentuk sebuah karya.

Pekerja seni yang terlibat dalam agenda ini berasal dari berbagai kalangan usia. Dari senior hingga pelukis muda. Salah satunya, maestro lukis tanah liat asal Makassar, Zaenal daeng Beta, yang namanya dikenal hingga dunia.



Selain Zaenal Beta, ada juga nama pelukis Mike Turusy, Lukman, Yarden, Nunu Noya, Fadia, Lora, Lina, Faisal Ua, Abduh Sanassa, Subur, Anggraini, dan Daniel Elgibor.

"Keistimewaan Nurdin Abdullah, belum genap dua bulan menjabat waktu itu, kita sudah diundang pameran di rumah jabatan. Di situ saya melihat bahwa Nurdin Abdullah betul-betul mensupport para seniman Makassar," beber salah seorang pekerja seni yang turut berpartisipasi, Mike Turusy, dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Baca juga: Musisi Semangati Nurdin Abdullah Lewat Lagu, Netizen: Doa Kami untuk Prof

Mike bercerita, Nurdin Abdullah pernah memperkenalkan dan mempromosikan karya lukisan para seniman Makassar kepada Presiden Joko Widodo. Sehingga mereka diberi kesempatan untuk melukis wajah orang nomor satu di Indonesia itu.

"Dari yang kita lihat selama ini bagaimana kerjanya, Nurdin Abdullah betul-betul membela hak seniman. Kami berharap Nurdin Abdullah bisa segera kembali ke Sulsel," harapnya.



Seniman lain yang turut berpartisipasi, Lukman menambahkan, kiprah Nurdin Abdullah sejak menjadi bupati dua periode di Kabupaten Bantaeng hingga menjadi Gubernur Sulsel sangatlah cemerlang. Pergerakan pembangunan di Sulsel diakuinya begitu masif.

Baca juga: 2 Proyek Sulsel Diresmikan, Warganet Apresiasi Usaha Nurdin Abdullah

"Sebagai masyarakat Sulsel dan insan seni, saya melihat hasil karya beliau secara nyata. Dua tahun kepemimpinan beliau, dia banyak melakukan kerja nyata melalui pembangunan," katanya.



(luq)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!