KM Dharma Kartika III DLU Resmi Beroperasi Makassar-Selayar

Rabu, 21 April 2021 - 19:08 WIB
loading...
KM Dharma Kartika III DLU Resmi Beroperasi Makassar-Selayar
(KM) Dharma Kartika III milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) resmi beroperasi rute Makassar-Selayar pada Jumat, (23/04/2021) mendatang. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut, akhirnya Kapal Motor (KM) Dharma Kartika III milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) resmi beroperasi pada Jumat, (23/04/2021) mendatang.

Penegasan operasional kapal milik DLU setelah Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Selayar mengeluarkan rekomendasi tertanggal 15 April 2021, berupa rekomendasi pembukaan kantor cabang DLU di Selayar yang diteken oleh Kepala KUPP Kelas III Selayar, Taufan Eka Putra.

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Makassar, Budiono menjelaskan, proses mendapatkan rekomendasi beroperasi memang sudah lama diusulkan, dan sangat disyukuri semuanya bisa dioperasionalkan di tahun ini. Apalagi memang, semangat perseroan ingin melayani masyarakat Sulawesi Selatan pada khususnya dan pada umumnya.



“Beroperasinya rute Makassar ke Selayar (PP) menandakan 20 tahun eksistensi DLU di Sulsel. Tak hanya itu semakin melengkapi layanan yang telah ada seperti rute Makassar-Bau-bau, Makassar-Surabaya, Makassar Batulicin hingga Parepare ke Balikpapan,”ujarnya, Rabu (21/04/2021).

Dia menjelaskan, hadirnya rute yang melayani masyarakat seminggu sekali setiap hari Jumat Pukul 20.00 wita rute Makassar ke Selayar dan Minggu Pukul 20.00 wita rute Selayar ke Makassar, dengan lama perjalanan 9 jam tentunya diharapkan mampu menjawab kebutuhan warga Sulsel yang ingin ke Selayar dalam waktu cepat. Mengingat, rutenya sangat singkat dan kapalnyapun sandarnya langsung di pusat kota Benteng.

“Kami mencoba menawarkan sesuatu yang baru kepada masyarakat Selayar, nantinya akan lebih praktis masyarakat Selayar menuju ke daerahnya dari Selayar maupun dari Makassar. Jadi hanya 9 jam saja, tinggal naik ke kapal, makan dapat satu kali, dan sudah langsung tiba di sana. Harga tiket penumpang kelas ekonomi hanya Rp130.000 tiket dan Rp20.000 pas Pelabuhan,”jelasnya.

Harga tersebut, ungkap dia, belum termasuk kendaraan baik motor maupun mobil, mengingat kapal ini jenis Roll On dan Roll Off (RoRo). Dengan daya tampung penumpang mencapai 500 orang, sementara kendaraan kisaran 30 unit.



Budiono mengungkapkan, jika rute yang ditawarkan direct atau langsung, sehingga penumpang tidak harus berlama-lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5972 seconds (0.1#10.140)