Situs To Manurung Karaeng Loe ri Pakere Akan Dijadikan Cagar Budaya

Rabu, 21 April 2021 - 20:43 WIB
loading...
Situs To Manurung Karaeng Loe ri Pakere Akan Dijadikan Cagar Budaya
Acara penyematan pin dewan pembina dan dewan kehormatan majelis keturunan to manurung di Rujab Bupati Maros baru-baru ini. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akan mendorong situs To Manurung Karaeng Loe ri Pakere menjadi cagar budaya . Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Maros, Suhartina Bohari .

Situs ini terletak di Dusun Pakere, Desa Bontotallasa, Kecamatan Bantimurung, di atas sebidang tanah yang dikenal dengan nama Ongkoe.



Dalam manuskrip Lontara Marusu, di atas Ongkoe tersebut, berdiri sebuah istana kerajaan pertama di Maros dengan raja bergelar Karaeng Loe ri Pakere, seorang yang dituliskan To Manurung.

Tim Ahli Cagar Budaya Maros, Andi Fahry Makkasau yang juga merupakan Ketua Majelis Keturunan To Manurung Maros menjelaskan, ada sebuah petikan lontara Marusu yang menjelaskan seorang To Manurung Karaeng Loe ri Pakere sebagai raja pertama di Maros.

"Karaeng Loeri Pakere uru Karaeng ri Marusu, iyami To Manurung ri Pakere. Nanikanai To Manurung kataniassengi assala kabattuanna," bunyi petikan Lontara Marusu yang menjelaskan tentang seorang To Manurung Karaeng Loe ri Pakere sebagai raja pertama di Maros.

Dari arti penting situs di Pakere itulah lalu Pemkab Maros kata Suhartina Bohari menyatakan keinginan agar lokasi itu ditetapkan sebagai cagar budaya .



Nantinya kata dia, di lokasi itu akan direvitalisasi dengan membangun baruga Karaeng Loe ri Pakere yang kemudian dapat menjadi pusat pelaksanaan acara adat tahunan, seperti hari jadi Maros.

"Kita ingin nama Pakere kembali mendunia sama seperti saat awal kedatangan To Manurung Karaeng Loe ri Pakere yang membuat banyak kerajaan-kerajaan tetangga tertarik membuat perjanjian persahabatan, termasuk Kerajaan Gowa dan Bone ketika itu dan kejadian ini dicatat dalam lontara Gowa dan Tallo," kata Suhartina baru-baru ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)