PPI Mediasi OKP hingga Mahasiswa Deklarasi Tolak Paham Radikalisme

Rabu, 21 April 2021 - 21:03 WIB
loading...
PPI Mediasi OKP hingga Mahasiswa Deklarasi Tolak Paham Radikalisme
Poros Pemuda Indonesia (PPI) melakukan untuk deklarasi menolak paham radikalisme di Jalan Urip Sumiharjo Makassar, Rabu (21/4). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Poros Pemuda Indonesia (PPI) yang memediasi sejumlah tokoh dari organisasi sosial kemasyarakatan (Ormas) bersama organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), serta mahasiswa Makassar melakukan deklarasi menolak paham radikalisme di Jalan Urip Sumiharjo Makassar, Rabu (21/4/2021).

Pemateri Ustadz Abdul Wahid mengatakan, bila aksi yang dilakukan teroris merupakan kejahatan kemanusiaan dan kriminal murni. Pemahaman Islam sangat kontra produktif terkait aksi radikalisme.

"Sebaliknya radikalisme identik dan sangat kental dengan nuansa politik. Agenda radikalisme berujung teror bertentangan dengan esepsi nilai ajaran agama mana pun," kata Ustadz Abdul Wahid.



Ketua Pemuda Muslimin Indonesia, Kasman mengamini pernyataan Ustadz Abdul Wahid. Dia menuturkan, agama selalu menjadi alasan dari tindakan radikal yang terjadi.

"Rata-rata pelaku teror adalah orang berusia muda. Maka dari itu, keberadaan OKP berbasis keagamaan dan kebangsaan, bisa menjadi ujung tombak dalam melakukan gerakan menangkal radikalisme," ujar Kasman.

Ketua Bidang Pengkaderan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Makassar, Stenly Putra Salu menyebutkan bahwa radikalisme tidak terlepas dari pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang kurang. Pemuda butuh penguatan untuk menyatukan pemikiran bagaimana masyarakat memberi pemahaman agar terhindar dari penyebaran radikalisme .

"Jika kita melihat aksi teror di tanah air, itu bukanlah produk agama tertentu, dan murni sebagai aksi kejahatan kemanusian yang perlu diperangi bersama," sebut Stenly.

Ketua Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma (KMHDI) Makassar, Gangga Datta menyampaikan dalam ajaran manapun tindakan radikal adalah bukan ajaran agama manapun.

"Nilai Pancasila sepertinya perlu lagi diperkuat digaungkan dalam lingkungan kampus atau sekolah, untuk menghindari penyebarannya sejak dini," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)