alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kerugian Petani-Petambak di Parepare Akibat Banjir Ditanggung Asuransi

Darwiaty Dalle
Kerugian Petani-Petambak di Parepare Akibat Banjir Ditanggung Asuransi
Ilustrasi sawah terendam banjir. Foto: dok SINDOnews

PAREPARE - Banjir yang melanda wilayah Kota Parepare, Sulsel, mengakibatkan sawah dan tambak mengalami kerusakan dan terancam mengalami gagal panen. Beruntung, beberapa sawah dan tambak sudah ada yang diasuransikan oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Parepare, ada 324,65 hektar sawah dan 16,5 hektar tambak yang terdampak banjir di dua kecamatan. Kerugian yang dialami petani dan petambak itu akan ditanggung asuransi, sepanjang memenuhi ketentuan.

"Kerugian yang dialami oleh 16 kelompok tani dengan luas sawah sekitar 324,65 hektar, Insya Allah kita akan cover di samping ada koordinasi dengan Pemkot Parepare. Untuk petambak ada 5 kelompok yang kita akan asuransikan juga,” Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare, Wildana.



Menurut dia, ganti rugi dari pihak asuransi akan disesuaikan dengan persentase kerugian yang dialami petani dan petambak. Kerugian di atas 75 persen, kata dia, akan ditanggung oleh pihak Jasindo yang telah bekerjasama dengan Pemkot Parepare.

Wildana menyebutkan titik-titik yang terkena dampak banjir. "Kalau sawah di Kelurahan Watang Bacukiki, Lemoe, dan Lumpue, ini akan kita data dan akan diganti rugi sesuai berapa persen kerugian yang dialami oleh petani dan petambak,” tandasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook