alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

17 Daerah di Sulsel Terdampak Banjir dan Angin Kencang

Tri Yari Kurniawan
17 Daerah di Sulsel Terdampak Banjir dan Angin Kencang
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat melakukan peninjauan pasca-bencana di Kota Parepare, Senin (13/1) kemarin. Foto: Humas Pemprov Sulsel

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, meminta seluruh pihak bersinergi dalam penanganan bencana. Terlebih, luasan wilayah dan kerusakan akibat rentetan bencana di wilayahnya terbilang cukup besar.

Orang nomor satu di Sulsel ini bahkan sudah turun langsung melakukan penanganan bencana di sejumlah wilayah. Ia menginstruksikan semua pihak segera bergerak memberikan bantuan.

Kata Gubernur Nurdin, gerak cepat dan sinergi sangat penting dalam penanganan bencana. Terutama penyaluran bantuan kebutuhan dasar warga dan perbaikan bagi rumah yang rusak.



“Terkait banjir dan angin kencang, kita ambil langkah cepat, kita hadir menyelesaikan persoalan yang terjadi di masyarakat,” kata Gubernur Nurdin, dilansir dari laman Pemprov Sulsel, Selasa (14/1/2020).

Berdasarkan data BPBD Sulsel, ada 17 daerah yang terdampak bencana banjir dan angin kencang maupun puting beliung. Bencana alam ini dilaporkan sudah menelan dua korban jiwa, masing-masing satu orang di Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng.

Masih merujuk data tersebut, kerusakan akibat bencana hingga 12 Januari tercatat dari 41 kejadian berdampak terhadap 5.102 jiwa. Total rumah rusak 5.103 unit, terdiri dari 340 rumah rusak berat, 518 rumah rusak sedang dan 2.396 rumah rusak ringan.

Sedangkan kerusakan sekolah mencapai 15 unit, rumah ibadah (5 unit), sarana kesehatan (6 unit), kantor (8 unit), kios (33 unit) dan sawah 3.205 hektar.

Gubernur Nurdin menyampaikan rasa duka cita atas korban yang meninggal dunia akibat bencana. Ia bahkan sudah datang langsung melayat ke rumah korban banjir di Kabupaten Barru.

Terkait kerusakan akibat bencana, Gubernur Nurdin meminta pemerintah kabupaten/kota terdampak untuk terus melakukan pendataan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook