Palopo Raih Predikat B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan

Kamis, 22 April 2021 - 16:44 WIB
loading...
Palopo Raih Predikat B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanzah DP. Foto: Istimewa
A A A
PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo berhasil meraih predikat B dengan nilai terbaik dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2020.

Pengumuman SAKIP Award tahun 2020 dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Kamis, (22/4).

Penyampaian penilaian SAKIP Award tahun 2020 ini diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanzah DP bersama dengan MenpanRB di Ruang Rapat Sekda Kota Palopo, secara virtual.



"SAKIP ini dikerjakan sejak tahun 2020 dan pengumuman dari hasil tersebut baru dikeluarkan tahun 2021 dan mendapatkan peringkat B," ungkap Firmanzah.

Dijelaskan, seluruh pemerintah daerah masukkan laporan ke e-SAKIP yang merupakan sistem aplikasi yang dibangun Kemenpan, dimana isinya untuk di tingkat kota yaitu RPJMD, rencana aksi, renstra, perjanjian kinerja wali kota, indikator kinerja utama, keskeding, renja dan lakip.

"Di tahun 2020 kemarin kita memang tancap gas ini bukan upaya mudah kita mulai tata dan benahi kembali sistem akuntabilitas Kota Palopo," katanya.

Disebutkan Sekda Palopo, upaya dilakukan untuk mendapatkan nilai terbaik SAKIP Award, diantaranya dengan melibatkan Menpan untuk memberikan coaching satu persatu kemudian ditindak lanjuti di tingkat Kota Palopo.

Diakui Sekda Palopo, dengan peringkat B tentu masih banyak kekurangan dan banyak yang harus dibenahi. Sehingga tahun 2021 Pemkot Palopo kembali melakukan langkah-langkah untuk menaikkan peringkat di tahun depan.



"Dengan peringkat yang diraih sekarang ini kita ingin lebih tingkatkan di tahun depan dan sekarang kita sudah bangun aplikasi e-sakip khusus untuk internal Kota Palopo semoga hal ini dapat berjalan tahun ini supaya dapat menambah nilai kita tahun depan," ujarnya.

Setiap tahunnya itu kata dia, ada langkah-langkah yang akan dilakukan dan tahun ini dengan dibuatnya aplikasi untuk internal Kota Palopo.

"Ini menunjukkan bukti keseriusan kota dan semoga ini dapat menambah nilai kita nantinya," lanjut Sekda Palopo.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)