alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pengantar Jenazah Wiwin Serang Polsek Bontoala dengan Batu

Faisal Mustafa
Pengantar Jenazah Wiwin Serang Polsek Bontoala dengan Batu
Sejumlah pengantar jenazah Wiwin alias Tumbal (25 tahun), terduga spesialis pencurian dengan kekerasan yang ditembak mati polisi, melakukan pelemparan ke petugas dan kantor Polsek Bontoala, Kota Makassar, Selasa (14/01/2020). Foto : SINDOnews/Faisal Musta

MAKASSAR - Sejumlah pengantar jenazah almarhum Wiwin alias Tumbal (25 tahun), terduga spesialis pencurian dengan kekerasan yang ditembak mati polisi, melakukan pelemparan ke petugas dan kantor Polsek Bontoala, Kota Makassar, Selasa (14/01/2020).

Insiden pelemparan ini terjadi saat rombongan pengantar jenazah, hendak melalui jalur di seputaran Jalan Masjid Raya-Jalan Sunu, Kota Makassar menuju ke tempat pemakaman umum (TPU) Kabupaten Maros.

Kapolsek Bontoala Kompol Andriany mengatakan beberapa orang diantara rombongan, sempat berhenti dan melempar ke arah petugas di depan Mapolsek Bontoala, Jalan Masjid Raya, Kota Makassar.



"Bentrok karena massa melempari anggota dengan batu dan balok. Namun aksi itu bisa cepat diatasi saat bernegosiasi dengan keluarga pelaku (jenazah)," kata Andriany

Dari keterangan kepolisian, rombongan pengantar jenazah rencananya hendak melalui jalur pintas di depan Mako Polsek Bontoala menuju ke TPU. Namun, karena jalur tersebut sebelumnya telah ditutup, rombongan terkesan memaksa untuk tetap melewati jalan tersebut.

Kondisi tersebut diduga menjadi pemicu pengantar jenazah melakukan aksi pelemparan ke petugas. "Tidak boleh ada pengantar jenazah yang boleh (lewat jalur) jadi kami luruskan, arusnya tidak berbelok ke polsek," ucap Andriany.

Aksi tersebut sempat terekam dalam video berdurasi dua menit lebih. Dalam video tersebut memperlihatkan beberapa orang dari rombongan pengantar jenazah turun dari kendaraan yang ditumpangi.

Mereka menendangi sejumlah fasilitas pembatas jalan yang jaraknya tidak begitu jauh dari depan Mako Polsek Bontoala. Sempat terjadi cekcok antar rombongan dengan petugas yang mengamankan lokasi sekitar.

Sebelumnya Jajaran petugas Polsek Bontoala dan Polrestabes Makassar terpaksa menembak mati seorang tersangka spesialis jambret di Kota Makassar. Wiwin, ditembak lantaran berupaya melawan petugas kepolisian saat dia hendak ditangkap di Jalan Tinumbu, lorong 142, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Senin (13/01/2020), sekitar pukul 21.40 Wita.

"Tersangka melakukan perlawanan dengan melakukan (percobaan) penikaman terhadap anggota yang akan melakukan penangkapan sehingga anggota harus mengambil tindakan tegas terukur (tembak) melumpuhkan tersangka. Dalam hal ini tersangka meninggal dunia," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook