Bulan Mutu Karantina, BKIPM Makassar Bagi Ikan Sehat di Bantaeng

Kamis, 22 April 2021 - 19:38 WIB
loading...
Bulan Mutu Karantina, BKIPM Makassar Bagi Ikan Sehat di Bantaeng
Kepala BKIPM Makassar Sitti Chadidjah memberikan sambutan pada kegiatan BKIPM Peduli Sosial berupa pembagian ikan sehat di Kabupaten Bantaeng, Kamis (22/4/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar melaksanakan BKIPM Peduli Sosial berupa pembagian ikan sehat di Kabupaten Bantaeng, Kamis (22/4/2021).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina 2021. Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan tersebut mengangkat tema 'Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat'.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin bertempat di Rujab Bupati. Hadir pula pada kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Aziz, Anggota Komisi IV DPR RI Dapil I Sulsel Azikin Solthan, Kepala BKIPM Makassar Sitti Chadidjah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantaeng Ritha S Pasha serta Koordinator Kelompok Hukum, Kerjasama dan Humas Sekretariat BKIPM Asep Dadang Koswara.



Diketahui, kegiatan Bulan Mutu Karantina yang dilaksanakan oleh BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan telah dimulai sejak tahun 2016 dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan pelaku usaha perikanan secara langsung.

Melalui Bulan Mutu Karantina, BKIPM turut berperan aktif menyediakan sumber gizi dari protein ikan melalui penyaluran produk perikanan kepada masyarakat. Bantuan yang disalurkan diperoleh dengan menyerap hasil perikanan dari pelaku perikanan lokal daerah tersebut.

Selain itu melalui Bulan Mutu Karantina, masyarakat dan pihak terkait diharapkan dapat berperan aktif dalam pentingnya menjaga kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan serta kelestarian dan keberlanjutan sumberdaya ikan.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil I Sulsel, Azikin Solthan, pada kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BKIPM KKP, seluruh jajaran BKIPM Makassar serta pemerintah kabupaten yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Bulan Mutu Karantina 2021 di Kabupaten Bantaeng.



"Selain itu, BKIPM dapat terus bersinergi dengan stakeholder perikanan agar kedepannya pemberian bantuan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi," katanya, dalam keterangan tertulis kepada Sindonews.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan pembagian ikan sehat sebanyak 800 paket kepada masyarakat Bantaeng yang didistribusikan dengan mobil termoking maupun kendaraan roda dua.

Dengan Bulan Mutu Karantina, diharapkan kebutuhan protein masyarakat yang kurang mampu dapat terpenuhi, serta dapat meningkatkan perekonomian pelaku usaha bidang perikanan karena produk mereka dapat dipasarkan.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)