alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelindo IV Datangkan 2 Container Crane untuk KNP dan Pelabuhan Ternate

Suwarny Dammar
Pelindo IV Datangkan 2 Container Crane untuk KNP dan Pelabuhan Ternate
Pelindo IV akan mendatangkan dua container crane (CC) Panamax untuk ditempatkan di Kendari New Port (KNP) dan Pelabuhan Ternate. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali akan mendatangkan alat berupa dua unit container crane (CC) Panamax untuk ditempatkan di Kendari New Port (KNP) dan Pelabuhan Ternate.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, saat ini kedua alat tersebut sedang dalam proses pengiriman dan diperkirakan tiba di lokasi masing-masing pada Februari 2020.

“Pengadaan alat tersebut merupakan program investasi perseroan multiyears 2018-2019 yang baru akan tiba di Januari ini dan beroperasi pada Februari nanti,” jelas Farid.



Farid menuturkan, hingga semester pertama tahun ini, pihaknya masih akan mendatangkan sejumlah alat guna mendukung aktivitas bongkar muat di sejumlah pelabuhan kelolaan.

“Hingga akhir tahun lalu kami juga sudah mendatangkan sejumlah alat yang ditempatkan di beberapa pelabuhan, di antaranya di Makassar New Port (MNP), Pelabuhan Bitung, Pantoloan dan Pelabuhan Sorong,” katanya.

Mulai Februari hingga Juni 2020 nanti lanjut Farid, perseroan memang akan mendatangkan sebanyak 23 unit alat yakni CC Panamax, head truck 6x4 dan chassis, tronton, reach stacker (RS), speed boat dan rubber tired gantry (RTG).

Alat-alat tersebut akan ditempatkan antara lain di MNP, Terminal Petikemas Bitung (TPB), Pelabuhan Kendari, Ternate, Sorong, Parepare, Tolitoli, Nunukan, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Terminal Petikemas Makassar (TPM).

Dia berharap, selain untuk meningkatkan aktivitas di pelabuhan, alat yang akan didatangkan nanti juga untuk mendukung rencana perseroan yang menjadikan tahun ini sebagai tahun produksi.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan, dengan kedatangan dua unit CC Panamax lagi, total ada dua unit CC yang beroperasi di KNP.

KNP yang mulai beroperasi sejak Mei 2019 merupakan pelabuhan yang dirancang dengan kapasitas jangka panjang yakni 1,2 juta TEUs dan didesain untuk kapal besar dan percepatan ekspor dari klaster tengah Sulawesi.

“Selain CC, saat ini juga ada 2 unit Reach Stacker (RS), 5 unit Head Truck dan 1 unit Forklift 7 ton yang dioperasikan di KNP,” ujar Debby.

Manajemen Pelindo IV menyiapkan KNP menjadi terminal petikemas modern menuju pelayanan berbasis digital port.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook