alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peternak di Soppeng Hasilkan 3.000 Ekor Kelinci Selama Setahun

M Reza Pahlevi
Peternak di Soppeng Hasilkan 3.000 Ekor Kelinci Selama Setahun
Sebanyak 3.000 kelinci berhasil dipelihara dan diternak peternak binaan Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng. Foto : Istimewa

WATANSOPPENG - Sebanyak 3.000 kelinci berhasil dipelihara dan diternak peternak binaan Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng.

Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Pemkab Soppeng, Hermawan, mengatakan jumlah ini meningkat sangat drastis dari dua tahun sebelumnya.

"Keuntungannya boleh dikatakan lumayan baik, harga perekor kelinci usia 15 hari itu bisa di banderol Rp35 ribu per ekornya dan itu sangat menguntungkan. Pemeliharannya juga cukup praktis, cukup dikandangkan saja dan diberi pakan sayur seperti kangkung atau limbah sayur jenis lainnya," jelasnya.



Selain itu, lanjut hermawan, dari segi pemasaran, kelinci juga banyak diminta bagi para penggemar hewan lucu dan imut tersebut. Bahkan sejumlah peneliti biasa memesan hewan tersebut sebagai bahan penelitian uji labaoratorium.

"Pemasarannya sudah mencakup di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, baik di Kalimantan, Papua, Sulawesi," ujarnya

Adapun tahun ini, Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Soppeng menargetkan 5.000 produksi kelinci. "Saat ini masyarakat di Kelurahan Salokaraja dimana sejumlah peternak binaan dari Dinas Peternakan Kabupaten Soppeng berlokasi sudah mulai meningkatkan produksinya masing-masing, kita berharap di tahun 2020 bisa mencapai atau bahkan bisa melebihi dari target produksi," harapnya



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook