alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Soal Netralitas ASN, Bawaslu Makassar Bakal Panggil None

Muhaimin Sunusi
Soal Netralitas ASN, Bawaslu Makassar Bakal Panggil None
Komisioner Bawaslu Makassar, Zulfikarnain. Pihaknya akan memanggil bakal Calon Wali Kota Makassar Irman Yasin Limpo (None). Foto: Sindonews/Muhaimin Sanusi

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar berencana mengundang Staf Ahli Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Irman Yasin Limpo dalam waktu dekat ini.

Undangan tersebut agar None sapaannya memberikan klarifikasi terkait adanya dugaan pelanggaran netralitas seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Rencana hari ini kita jadwalkan. Cuma pak Irman Yasin Limpo berhalangan hadir. Kita undang ulang di hari Jumat,” kata Komisioner Bawaslu Makassar, Zulfikarnain saat ditemui di Kantor KPU Makassar, Rabu (15/1/2020).



Zul menjelaskan, dugaan pelanggaran netralitas None tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. Ada tiga dugaan pelanggaran yang disematkan kepada mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sulsel ini.

Pertama, PNS dilarang melakukan pendekatan kepada partai politik terkait rencana pengusulan dirinya jadi calon kepala daerah. Selanjutnya, PNS dilarang memasang spanduk yang mempromosikan dirinya sebagai calon kepala daerah. Yang terakhir, PNS dilarang mendeklarasikan dirinya sebagai calon kepala daerah.

“Pak None ini kan ASN. Saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Pemprov Sulsel. Tapi ada dugaan dia mendekati parpol. Dia juga mendeklarasikan diri sebagai bakal calon wali kota Makassar. Terbukti sudah banyak spanduk di jalan" ujar Zul.

Dia mengklaim, sebelum mengundang None untuk memberikan klarifikasi, Bawaslu Makassar juga telah meminta penjelasan kepada sejumlah pihak terkait. Hanya saja, Zul tak ingin menyebutkannya.

"Hasil klarifikasi ini, nantinya kita akan bawa ke rapat pleno Bawaslu Makassar. Di situ diputuskan, apakah temuan menyangkut None dibawa ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) atau tidak," ungkapnya.

Sejauh ini, None memang telah menegaskan akan maju dan menjadi salah satu kandidat kuat di Pilwalkot Makassar 2020. Dia bahkan telah mendaftar di sejumlah partai politik.

Selain itu, None juga sebelumnya menegaskan bakal mundur sesuai tahapan PKPU yang ditetapkan. Dimana kandidat yang berstatus ASN, harus mengundurkan diri sejak ditetapkan sebagai calon wali kota.

Dikonfirmasi terpisah, None mengaku sedang tidak berada di Makassar. Soal undangan klarifikasi dari Bawaslu, None memilih bungkam.

"Saya ada di Jakarta. Saya no comment," tegasnya saat dihubungi.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook