alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Dia Lima Desa di Tana Toraja yang Diusulkan Berganti Nama

Joni Lembang
Ini Dia Lima Desa di Tana Toraja yang Diusulkan Berganti Nama
Pemkab Tana Toraja mengusulkan pergantian nama lima desa melalui raperda yang sudah disetujui DPRD Tana Toraja untuk dibahas di lembaga legislatif. Foto : SINDOnews/Doc

TANA TORAJA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja mengusulkan perubahan nama lima desa di wilayahnya. Perubahan nama sejumlah desa itu diusulkan dalam rancangan peraturan daerah (raperda) tentang Perubahan Kedua Atas Perda nomor 2 tahun 2013 tentang Penetapan Nama dan Jumlah Kecamatan, Kelurahan dan Desa Dalam Wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Adapun lima desa yang diusulkan berganti nama yakni, Desa Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara berganti nama menjadi Saluallo Lampio. Kemudian Desa Simbuang, Kecamatan Simbuang berganti nama menjadi Desa Bangga. Selanjutnya Desa Simbuang Batutallu diusulkan berganti nama dengan Desa Simbuang. Dua desa lainnya, yakni Desa Pongbembe, Kecamatan Simbuang diusulkan berganti nama menjadi Desa Sarang Dena. Dan terakhir, Desa Pong Bembe Mesakada diusulkan berganti nama menjadi Desa Pongbembe.

"Pemkab Tana Toraja mengusulkan pergantian nama lima desa melalui raperda yang sudah disetujui DPRD untuk dibahas di lembaga legislatif," ujar Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe usai rapat konsultasi antara Pimpinan DPRD bersama Pimpinan Fraksi-Fraksi DPRD Tana Toraja, Kamis(16/01/2020).



Pengusulan pergantian nama beberapa desa itu, lanjut Kristian, berdasarkan aspirasi masyarakat desa setempat yang disampaikan ke pemerintah. Selain itu, sejarah serta budaya dan kearifan lokal desa juga menjadi pertimbangan pemkab Tana Toraja mengusulkan pergantian nama desa untuk dibahas di DPRD.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook