OPD Diminta Percepat Penyerapan Pendapatan dan Belanja Daerah

Senin, 26 April 2021 - 13:54 WIB
loading...
OPD Diminta Percepat Penyerapan Pendapatan dan Belanja Daerah
Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Triwulan I Tahun Anggaran 202, yang dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gowa, baik penggunaan anggaran maupun pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD), diminta melakukan perencanaan yang baik untuk mempercepat serapan anggaran.

"Bapak Bupati Gowa telah mengingatkan kita agar daya serap anggaran bisa lebih cepat dari tahun sebelumnya, sehingga pencairan tidak lagi menumpuk nanti di Desember 2021 ini," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa , Kamsina, Senin (26/4/2021).



Apalagi katanya, tahun 2020 lalu Kabupaten Gowa merupakan kabupaten dengan serapan anggaran tertinggi di Indonesia, yaitu berada di posisi ke-4 Nasional.

Selain itu, dirinya juga berharap di triwulan kedua realisasi pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Gowa bisa di atas 50 persen.

Karena itu, OPD diharapkan mampu menggerakkan kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Jadi saya sampaikan kepada seluruh OPD untuk merencanakan apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan anggaran-anggaran yang ada di OPD masing-masing," ujarnya.

Hal ini lanjut Kamsina sudah disampaikan dalam Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Triwulan I Tahun Anggaran 2021.



Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gowa , Ismail Madjid mengatakan, di triwulan pertama ini, PAD Kabupaten Gowa masih sekitar 19,18 persen. Menurutnya hal ini karena penerimaan yang bersumber dari bagi hasil dan lain-lain yang masih rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)