Pemkot Parepare Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Senin, 26 April 2021 - 15:41 WIB
loading...
Pemkot Parepare Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana
Wawali Parepare, Pangerang Rahim saat pemeriksaan pasukan dalam apel hari kesiapsiagaan bencana (HKB) yang digelar BPBD Parepare, Senin (26/4). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan apel hari kesiapsiagaan bencana (HKB). Apel yang dipimpin Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim ini digelar di lapangan upacara Binalipu, Senin (26/4).

Pangerang dalam sambutannya mengatakan, momentum HKB diharapkan menjadi wadah dan upaya dalam membangun kesadaran dan partisipasi publik dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi darurat bencana .



Bencana alam , jelas Pengerang, merupakan ancaman nyata kepada setiap individu, sehingga perlu disikapi kemampuan individu yang diasah melalui latihan kebencanaan .

"Hal ini tentunya menjadi perhatian, utamanya terkait penyelamatan masyarakat dari berbagai bencana yang mungkin saja bisa timbul, di mana dan kapan saja," ujar Pangerang.

Dijabarkan Pangerang, hingga akhir April tahun ini, sudah tercatat 202 kejadian bencana di Parepare, di antaranya angin kencang yang yang mengakibatkan kerusakan 164 rumah dengan lokus tersebar di 13 kelurahan.

"Kerusakan itu menjadi perhatian serius pemerintah dengan sigap melakukan langkah penanganan, termasuk menyalurkan bantuan," jelasnya.



Untuk itu, tambah Pangerang, melalui peringatan HKB, ke depan semakin diperkuat dan ditingkatkan penanggulangan bencana dengan melakukan sinergi dan konsolidasi, bersama TNI/Polri, dan aparat relawan lainnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Parepare , Rusli mengatakan apel kesiapsiagaan ditandai dengan pemukulan kentungan, yang terbuat dari bambu, yang merupakan alat tradisional yang masih difungsikan karena sangat relevan dengan kondisi masa kini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4032 seconds (0.1#10.140)