Desa di Bulukumba Didorong Ikut Ajang Desa Wisata Award

Selasa, 27 April 2021 - 16:52 WIB
loading...
Desa di Bulukumba Didorong Ikut Ajang Desa Wisata Award
Desa di Bulukumba didorong untuk mengikuti ajang Desa Wisata Award. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Dinas Pariwisata (Dispar) Bulukumba berharap agar desa yang telah membentuk dan memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), untuk ikut serta dalam Desa Wisata Award 2021 mendatang.

Sekretaris Dispar Bulukumba, A Mattampawali AS, berharap agar desa dapat mendorong Pokdarwis dalam Desa Wisata Award 2021 yang diselenggarakan PT Bank Centra Asia, Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.



"Kami berharap beberapa Desa Wisata yang telah terbentuk Pokdarwis untuk mengikuti lomba Desa Wisata Award 2021. Itu bisa jadi ajang pembuktian dan tolak ukur sejauh mana desa mengelola wisata," ungkapnya, Selasa, (27/04/2021).

Dia menambahkan, diharapkan bagi setiap desa untuk membuat event tahunan yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan untuk datang berwisata di Bulukumba, dan event-event tersebut dapat menjadi rangkaian dari pelaksanaan Festival Pinisi.

Harapan-harapan tersebut Ia sampaikan saat mengukuhkan Pokdarwis Bulu Padido Desa Tamatto, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba.

Sementara itu, Kepala Desa Tamatto, Muh Asrul Sani mengatakan, pemulihan ekonomi nasional dimulai dari desa, sehingga ke depan diharapkan banyak usaha kreatif yang akan terbentuk dan membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Ia menegaskan, aset wisata desa akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bekerjasama dengan Pokdarwis yang baru terbentuk.



Asrul juga berencana melakukan penelitian mengenai situs budaya yang ada di Desa Tamatto dan menambahkannya ke dalam paket wisata yang ada.

Tercatat ada empat Pokdarwis yang telah dikukuhkan di Bulukumba, yakni Pokdarwis Kahayya Hills, Desa Kahayya, Pokdarwis Hkm Buhung Lali, Desa Bukit Harapan, Pokdarwis Darubiah Tourism, Desa Darubiah, Pokdarwis Bulu Padido, Desa Tamatto.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)