alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Janji Benahi TPI Paotere agar Lebih Layak dan Higienis

Vivi Riski Indriani
Pemkot Janji Benahi TPI Paotere agar Lebih Layak dan Higienis
Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat melihat langsung kondisi TPI Potere pada kunjungan kerjanya, kemarin. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berjanji membenahi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere. Pasalnya, kondisi pusat pejualan ikan itu sudah sangat memprihatinkan dan semrawut.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb melihat langsung kondisi TPI Potere pada kunjungan kerjanya, kemarin. Ia mendapati sejumlah fasilitas yang tidak layak pakai seperti jalanan yang becek, parkiran semrawut, hingga kondisi bangunan yang sudah sangat memprihatinkan.

"TPI Paotere ini memang perlu segera direnovasi. Atapnya sudah sangat tidak memungkinkan," ungkap Iqbal dihadapan para pedagang.



Tidak hanya itu, ia juga meminta kepada seluruh pedagang agar lebih memperhatikan higenitas. Ikan yang akan dijual ke masyarakat sebaiknya disimpan di wadah yang lebih bersih.

"Saya berharap lapak ikan juga diperhatikan, jangan dibiarkan disimpan di lantai begitu saja, perlu ada wadah bersih agar terkesan lebih fresh dan higienis," ujarnya.

Sementara, Kepala DP2 Kota Makassar, Abd Rahman Bando menyampaikan telah menyiapkan anggaran untuk renovasi bangunan di TPI Paotere. Hanya saja, anggaran itu baru bisa membackup untuk perbaikan atap.

"Kita ada anggaran Rp100 juta lebih di APBD 2020, tapi itu kita alokasikan cuma untuk perbaikan atapnya saja," tutur Rahman Bando.

Kata dia, untuk merenovasi seluruh kawasan TPI Paotere membutuhkan anggaran yang cukup besar. Sedangkan, anggaran yang dimiliki hanya sekitar Rp12 miliar. Itupun sudah termasuk untuk anggaran belanja pegawai.

"Kalau mau dibenahi semua itu besar anggarannya, dan anggaran kita tidak cukup untuk itu. Tadi juga ada dari Dinas Pekerjaan Umum, mudah-mudahan itu bisa dicover oleh mereka di APBD Perubahan," jelasnya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook